Konsumen memilih produk di salah satu situs berjualan online saat program 12.12 di Kerten, Laweyan, Solo, Rabu (12/12). Sejumlah situs berjualan online menawarkan beragam menarik seperti diskon, gratis biaya pengiriman, dan flash sale untuk memeriahkan Hari Belanja Online Nasional./JIBI-M. Ferri Setiawan
Fashion

Catat! Ini Tips dan Trik Belanja Online saat Harbolnas 12.12

Ika Fatma Ramadhansari
Jumat, 11 Desember 2020 - 12:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas akan diselenggarakan besok Sabtu, (12/12/2020). Berbagai aplikasi atau situs belanja online di Indonesia menyediakan diskon atau potongan harga yang menarik.

Momentum Harbolnas membuat konsumen tergiur, bahkan ada yang kehilangan kendali saat berbelanja. Apalagi, beberapa medium belanja online kali ini menyediakan waktu belanja yang lebih lama.

Berdasarkan hasil survei United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) seperti dikutip Bisnis, pandemi Covid-19 mengubah tren berbelanja masyarakat dari offline menjadi online.

"Pandemi Covid-19 telah mempercepat pergeseran menuju dunia yang lebih digital. Perubahan yang kita lakukan sekarang akan memiliki efek yang langgeng seiring dengan pemulihan ekonomi dunia," ungkap Mukhisa Kituyi, Sekretaris Jenderal UNCTAD dikutip pada Jumat (11/12/2020).

Namun, karena situasi ekonomi yang sulit saat ini membuat pengeluaran bulanan online rata-rata per orang menjadi menurun. Orang-orang memilih menunda pengeluaran yang lebih besar.

Tak heran, Harbolnas menjadi hari yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan dengan potongan harga yang menarik. Berikut ada beberapa tips belanja online saat Harbolnas 12.12 dikutip dari The Street, Jumat (11/12/2020):

1. Buat Daftar Belanja
Tentukan apa yang Anda inginkan sebelum ikut serta pada hari-H agar mendapatkan barang sesuai dengan keinginan. Peritel biasanya sudah merilis iklan Harbolnas terlebih dahulu, maka jelajahi iklan dan pilih produk dalam kisaran harga Anda. Saat Anda masuk platform belanja online, fokus pada item yang Anda inginkan dan tolak penawaran menarik lainnya.

2. Atur Jadwal
Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan penawaran terbaik. Cari tahu kapan penjualan dimulai dan tandai kalender Anda atau setel pengingat.

Transaksi khusus dalam penjualan online yang lebih besar mungkin tidak akan ditayangkan hingga waktu tertentu. Maka cari tahulah terlebih dahulu.

3. Belanja Lebih Awal
Lonjakan belanja online dan gangguan rantai pasokan selama pandemi dapat menyebabkan penundaan pengiriman yang meluas. Melakukan pembelian lebih cepat dapat memastikan paket Anda tiba tepat waktu. Selain itu, Anda memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan item yang paling menarik sebelum terjual habis.

4. Buat Akun di E-Commerce
Siapkan akun online dengan peritel yang ingin Anda kunjungi. Saat Harbolnas tiba, Anda sudah menyimpan informasi pembayaran dan pengiriman Anda. Ini dapat membantu mempercepat proses pembayaran dan menyelesaikan transaksi sebelum barang habis.

5. Bandingkan Harga
Sebelum menyelesaikan pembelian ada baiknya juga membuka browser baru dengan melakukan penelusuran Google. Anda bisa cek laporan untuk item tersebut dan periksa penawaran yang tersedia dari peritel yang berbeda. Jangan lupa untuk memperhitungkan kupon, poin loyalitas, atau penawaran khusus apa pun.

6. Cari Gratis Ongkir atau Pengiriman yang Murah
Gratis ongkir (ongkos kirim) untuk pesanan minimum yang rendah juga dapat membantu memaksimalkan penghematan saat Harbolnas. Banyak peritel mengubah kebijakan pengiriman mereka saat musim liburan, sehingga persaingan akan semakin ketat. Namun, pengiriman gratis atau murah bukanlah jaminan di semua tempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro