Saraf/Istimewa
Health

Begini Cara Agar Terhindar Dari Potensi Penyakit Degeneratif

Dewi Andriani
Sabtu, 12 Desember 2020 - 21:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Nutrisi seimbang yang dilengkapi dengan olahraga teratur merupakan faktor paling penting dalam menjaga kebugaran tubuh.

Hal ini telah menjadi resep bagi sebagian besar orang di seluruh dunia agar terhindar dari potensi penyakit degeneratif di kemudian hari.

Untuk itulah, penting bagi masyarakat untuk menghindari pola hidup sedentari atau kebiasaan-kebiasaan yang tidak banyak melakukan aktifitas fisik atau tidak banyak melakukan gerakan.

Chairman of Herbalife Nutrition Institute, Dr. David Heber mengatakan kebiasaan sendentari merupakan pintu untuk menuju ke berbagai penyakit degeneratif yang akan merugikan di kemudian hari.

Lebih lanjut Dr. Heber menerangkan, bahwa telah banyak penelitian yang mengkaitkan kebiasaan sedentari dengan obesitas dan berujung pada diabetes.

Pada 2013, lebih dari 380 juta orang di seluruh dunia terkena diabetes dan diperkirakan akan mendekati 600 juta pada tahun 2035. Meski, tidak berarti bahwa semua orang yang mengalami obesitas akan diabetes tetapi studi dari National Center for Biotechnology Information, Amerika Serikat menemukan hubungan langsung antara keduanya.

"Jawaban dari diabetes adalah perbaikan pola makan dan berolahraga lebih sering. Sederhananya, menghindari diabetes adalah tentang membuat keputusan lebih sehat tentang komitmen berolahraga dan menjaga nutrisi dari apa yang kita konsumsi," ujarnya.

Untuk itulah, Dr. David menyampaikan beberapa prinsip dasar untuk memerangi diabetes. Pertama, menjadikan buah dan sayuran wajib dalam makanan Anda, karena dapat mengurangi risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Kedua, menghindari minuman ringan yang sangat tinggi gula. Ketiga, menghindari makanan kemasan yang penuh dengan garam, lemak jenuh, dan pengawet kimiawi.

Keempat, menjadikan serat sebagai bagian harian dari makanan Anda.

“Mangadopsi aktifitas fisik untuk menghindari obesitas dan diabetes sejatinya tidak terlalu berat. Hanya 150 menit aktivitas fisik atau olahraga yang cukup intens setiap minggu atau sekitat 20-25 menit sehari dapat membantu," tuturnya.

Dengan berolahraga dapat membantu meningkatkan aliran darah. Untuk itulah, sambungnya, aktifitas fisik harus menjadi rutinitas sehari-hari sejak dini.

"Kombinasikan juga dengan makanan sehat yang kita konsumsi sehari-hari. Kesejahteraan kita akan meningkat dan membantu negara sehat secara sosial dan ekonomi,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro