Penerapan protokol kesehatan di Bali/Istimewa
Health

Tak Bosan-Bosan, Relawan Covid-19 Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes

Syaiful Millah
Minggu, 13 Desember 2020 - 12:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung mendominasi perjalanan tahun 2020. Dengan kenyataan bahwa penularan masih masif terjadi, relawan sebagai garda terdepan mengingatkan agar masyarakat konsisten menerapkan protokol kesehatan seperti kampanye 3M.

Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satgas Covid-19 Andre Rahardian mengatakan selama 10 bulan pandemi berlangsung, relawan telah melakukan berbagai tugas untuk merespons dan melakukan upaya preventif dari penularan virus corona baru.

Dia menuturkan untuk bidang medis ada sekitar 5.000 relawan yang telah diterjunkan dan ditempatkan di fasilitas kesehatan masyarakat. Akan tetapi, angka itu masih belum mencukupi lantaran peningkatan kasus masih terus tinggi.

"Mengingat peningkatan kasus yang masih tinggi, juga kesiapan beberapa rumah sakit serta wisma isolasi mandiri di hampir setiap provinsi, relawan medis dokter dan perawat ini kebutuhannya cukup tinggi," katanya dalam siaran langsung melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Jumat (11/12).

Sekretaris Sub Bidang Kesehatan Koordinator Relawan Satgas Covid-19 Maghfira mengungkapkan bahwa bagaimanapun relawan yang terjun langsung atau bekerja di balik layar memiliki keterbatasan fisik dan tenaga.

Oleh sebab itu, dia meminta agar masyarakat semakin sadar dengan situasi saat ini dan menerapkan protokol kesehatan. Menurutnya, masih banyak warga yang tidak peduli terhadap kesehatan diri sendiri, keluarga, dan orang sekitar padahal Covid-19 sudah terbukti berbahaya dan memakan banyak korban jiwa.

Dia juga menyampaikan bahwa upaya yang bisa dilakukan masyarakat tidak tergolong berat, dengan menerapkan perilaku 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Kita yang ada di garda terdepan juga punya kapasitas fisik, tapi ini tidak menyulutkan semangat kami untuk berjuang melawan situasi ini. Untuk teman-teman penting sekali kesadarannya menaati protokol 3M dan ingat pesan ibu," ujarnya.

Maghfira menegaskan bahwa kita tidak hidup sendiri, tetapi juga bermasyarakat sehingga menjaga diri sendiri berarti menjaga lingkungan sekitar, termasuk orang-orang terdekat seperti keluarga agar tetap aman.

Dia meminta agar masyarakat tidak menggantungkan diri pada orang lain untuk berperang melawan kondisi pandemi ini, termasuk pada relawan. Menurutnya, seluruh pihak harus bersatu mengambil peran masing-masing dan berkontribusi untuk mengakhiri pandemi Covid-19.

Adapun, Andre berpesan khusus kepada relawan dan calon relawan yang sedang menjalani proses rekrutmen untuk tetap bersemangat, terlebih dengan peningkatan kasus belakangan serta antisipasi kondisi setelah pilkada dan libur akhir tahun.

Menurutnya, tugas relawan akan menjadi sangat penting. Oleh sebab itu, dibutuhkan sebanyak mungkin relawan agar bergabung bersama untuk meringankan beban pasien, pemerintah, dan sesama tenaga medis yang sudah terlebih dahulu terjun ke lapangan.

"Mudah-mudahan dengan upaya bersama mengajak relawan baru, makin banyak yang tertarik memberikan tenaganya untuk membantu saudara sebangsa," pungkasnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro