Oscar Primadi MPH, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan
Health

440 Ribu Nakes Persiapkan Vaksinasi, 23 Ribu Vaksinator Standby

Mia Chitra Dinisari
Senin, 14 Desember 2020 - 21:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 440.000 tenaga kesehatan dan 23.000 vaksinator dipersiapkan pemerintah untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 hingga ke seluruh daerah.
 
Oscar Primadi MPH, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, menyampaikan, sampai dengan 5 Desember, sudah dilakukan pelatihan sebanyak 12.408 orang untuk 21 provinsi.

Sementara workshop penyiapan bagi tenaga vaksinator ini telah dilangsungkan untuk 29.635 orang dari 34 provinsi.

"Artinya, semuanya berjalan sesuai dengan rencana kita dan Insya Allah kesiapan-kesiapan itu kita jaga dari sisi jumlah, proporsional dari semua provinsi akan tercakup” ujarnya dalam acara Keterangan Pers Juru Bicara Pemerintah COVID-19 yang dikutip dari keterangan tertulisnya.

Selain proses pemberian vaksinasi, upaya mengedukasi masyarakat sebelum program vaksinasi berjalan juga tidak kalah penting. Upaya edukasi ini harus sampai dengan merata ke daerah.

“Kita menginginkan bahwa masyarakat itu paham tentang pentingnya vaksinasi ini. Pemahaman kita tentang kehalalan juga sudah kita upayakan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hal yang ketiga adalah, efektivitas vaksin tersebut juga harus dikomunikasikan dengan benar. Namun, yang tidak boleh ditinggalkan adalah mengkomunikasikan kepada masyarakat agar mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan dengan baik, itu adalah cara paling ampuh untuk melindungi masyarakat”, tambahnya.

Dia memaparkan ada beberapa tantangan dalam proses vaksinasi di Indonesia, terutama kendala geografis, sehingga tenaga kesehatan dan vaksinator perlu usaha yang luar biasa untuk menjangkau daerah tertentu.

Sementara itu, dr. Reisa Subroto menyampaikan apresiasinya kepada tenaga kesehatan yang terus berjuang membantu masyarakat di masa pandemi ini.

“Apresiasi kepada tenaga kesehatan maupun kepada para peniliti yang luar biasa bekerjanya dalam upaya meningkatkan 3T (Testing, Tracing, Treatment), kita wujudkan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker)," ujarnya.

Dia juga mengimbau masyarakat menjalani protokol kesehatan seperti mencuci tangan, dan Menjaga jarak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro