Pose yoga suryanamaskar/Istimewa
Fashion

Lima Tips untuk Merawat Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

Hadijah Alaydrus
Senin, 14 Desember 2020 - 16:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selain pandemi global yang telah menewaskan ratusan ribu orang di seluruh dunia, Covid-19 telah membawa perubahan besar dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti pekerjaan jarak jauh, pengangguran, dan sekolah virtual.

Pada gilirannya, banyak orang menghadapi tekanan ekonomi dan sosial yang baru ditemukan, serta kepanikan atas ketidakpastian masa depan.

Berikut adalah kiat kesehatan mental terbaik yang bisa dilakukan selama pandemi Covid-19:

1. Buat Rutinitas Baru

Sebagai permulaan, ikuti beberapa jenis rutinitas. Jika rutinitas biasa Anda tidak memungkinkan lagi, buat rutinitas baru. WHO merekomendasikan Anda untuk bangun dan tidur pada waktu yang sama, makan pada jam-jam reguler, dan jadwalkan slot untuk kebersihan pribadi dan olahraga.

Prediksi dari sebuah rutinitas dapat membantu Anda merasa lebih terkendali dan hal ini penting untuk kesehatan mental, menurut Mayo Clinic di AS. Selain itu, olahraga teratur dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan mood Anda.

2. Luangkan Waktu

Penting untuk menjadwalkan waktu setiap hari untuk melakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia. Saran itu didukung oleh CDC dan Mayo Clinic, AS. Bahkan hanya beberapa menit aktivitas yang Anda sukai, seperti membaca, yoga, atau meditasi, dapat membantu Anda rileks dan meredakan stres.

3. Buat Proyek

Ini adalah waktu yang tepat untuk menangani proyek yang belum pernah Anda miliki sebelumnya. Kemungkinannya tidak terbatas: bersihkan garasi, cat ruang tamu, menanam sayur, atau setidaknya beberapa tumbuhan dalam ruangan.

Bangun rumah pohon di halaman belakang. Belajar bahasa baru. Menulis sebuah buku. Ini, menurut Mayo Clinic, membantu menjauhkan kita dari siklus pikiran negatif yang berkontribusi pada kecemasan dan depresi. Selain itu, Anda akan memiliki sesuatu yang positif untuk ditunjukkan untuk pandemi setelah selesai.

Tapi jangan menyalahkan diri sendiri jika Anda belum fasih berbahasa Mandarin. Alih-alih, tetapkan tujuan harian yang masuk akal dan santai saja. Rayakan kemenangan yang Anda bisa - bahkan yang kecil sekalipun.

4. Praktikan Kesadaran Diri

Saat Anda merasakan kecemasan dan pikiran Anda mulai berpacu, hentikan apa yang Anda lakukan dan praktikkan mindfulness. Ada banyak sumber online untuk membantu menguasai latihan ini, termasuk aplikasi seperti Calm dan Headspace. Bahkan, Headspace menawarkan akses gratis bagi mereka yang menganggur sekarang.

Duduk dan bernapas dalam-dalam selama 10–15 menit atau lebih, jika Anda membutuhkannya. Praktik ini untuk membantu pikiran Anda kembali ke saat ini atau momen saat ini, menurut para ahli di Vanderbilt University. CDC AS juga menyarankan untuk menambahkan beberapa peregangan badan setiap hari. Apa pun yang membantu Anda merasa lebih membumi seperti earthing atau grounding patut dicoba.

5. Memberikan Bantuan

Cara terbaik untuk mengelola stres adalah dengan melakukan sesuatu untuk orang lain. Caranya, tunjukkan rasa terima kasih kepada petugas kesehatan dan responden pertama, periksa tetangga, atau bantu orang yang rentan di komunitas Anda dengan berbelanja bahan makanan atau menjalankan tugas.

Ingat, memberikan bantuan dapat membantu mengurangi stres, tetapi jangan lupa untuk mempraktikkan perawatan diri juga ya!

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro