Vaksin Pfizer dan BionTech
Health

Singapura akan Terima Vaksin Corona Pfizer-BioNTech Akhir Desember

Novita Sari Simamora
Rabu, 16 Desember 2020 - 06:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas kesehatan di Singapura telah menyetujui penggunaan vaksin virus corona Pfizer-BioNTech dan pengiriman pertama akan tiba pada akhir Desember 2020.

Adapun vaksin Pfizer-BioNTech dikembangkan oleh raksasa farmasi Amerika Serikat Pfizer dan perusahaan Jerman BioNTech. Pemerintah Singapura telah mempelajari hasil bukti ilmiah dan uji klinis dari vaksin corona tersebut.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengumumkan bahwa Singapura akan salah satu negara pertama yang mendapatkan vaksin Corona Pfizer-BioNTech. Vaksin Covid-19 lain juga akan tiba di Singapura dalam beberapa bulan mendatang.

"Bila vaksin Corona lainnya datang, maka Singapura akan memiliki cukup vaksin untuk semua orang. Maka semua akan selesai pada kuartal III/2020 tahun depan jika semua berjalan sesuai rencana,” ungkapnya seperti dikutip dari CNA, Rabu (16/12/2020).

Kementerian Kesehatan Singapura telah membentuk komite dokter dan ahli untuk merekomendasikan strategi vaksinasi. Lee mengungkapkan bahwa komite telah mengusulkan agar seluruh populasi orang dewasa harus disuntik vaksin virus corona secara sukarela.

Prioritas vaksin akan diberikan kepada orang-orang yang memiliki risiko terbesar, seperti pekerja garis depan dan perawatan kesehatan, serta orang tua dan rentan.

“Setelah itu, panitia mengusulkan untuk secara progresif memvaksinasi seluruh penduduk, dan mencakup semua orang yang menginginkan vaksinasi pada akhir tahun depan,” katanya.

“Rekan-rekan kabinet di Singapura dan saya, termasuk yang lebih tua, akan divaksinasi lebih awal. Ini untuk menunjukkan kepada masyarakat, terutama lansia seperti saya, bahwa kami yakin vaksin corona Pfizer-BioNTech aman,” katanya.

Vaksinasi akan gratis untuk semua warga Singapura serta penduduk yang menetap cukup lama di Singapura. Dia juga mengajak semua orang yang bermukim di Singapura untuk menerima vaksin corona.

“Saya sangat menganjurkan Anda untuk divaksinasi juga, ketika vaksin ditawarkan maka Anda tidak hanya melindungi diri sendiri. Ini merupakan bagian dari untuk melindungi orang lain, terutama orang yang Anda cintai,” kata Lee.

Menurutnya, semakin banyak masyarakat yang divaksinasi, makan akan semakin sulit virus menyebar, dan semakin aman kita semua sebagai masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro