Parasit penyebab malaria/scitechdaily.com
Health

10 Penyakit Penyebab Kematian Tertinggi di Negara Menengah ke Bawah

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 16 Desember 2020 - 12:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Dunia mengklasifikasikan ekonomi dunia ke dalam empat kelompok pendapatan berdasarkan pendapatan nasional bruto rendah, menengah ke bawah, menengah atas dan tinggi.

Orang yang tinggal di negara berpenghasilan rendah jauh lebih mungkin meninggal karena penyakit menular daripada penyakit tidak menular.

Meskipun terjadi penurunan global, enam dari 10 penyebab kematian teratas di negara berpenghasilan rendah adalah penyakit menular.

Berikut 10 penyakit penyebab kematian tertinggi di negara menengah kebawah seperti dikutip dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Malaria, tuberkulosis dan HIV / AIDS semuanya tetap berada di 10 besar. Namun, ketiganya turun secara signifikan.  Penurunan terbesar di antara 10 kematian teratas dalam kelompok ini adalah karena HIV / AIDS, dengan kematian 59% lebih sedikit pada tahun 2019 dibandingkan pada tahun 2000, atau masing-masing 161.000 dan 395.000.

Penyakit diare lebih signifikan sebagai penyebab kematian di negara-negara berpenghasilan rendah: penyakit diare menempati peringkat 5 teratas penyebab kematian untuk kategori pendapatan ini.  Meskipun demikian, penyakit diare menurun di negara-negara berpenghasilan rendah, mewakili penurunan kematian terbesar kedua di antara 10 teratas (231.000 lebih sedikit kematian).

Kematian akibat penyakit paru obstruktif kronik sangat jarang terjadi di negara berpenghasilan rendah dibandingkan dengan kelompok berpenghasilan lain.  Itu tidak muncul dalam 10 teratas untuk negara-negara berpenghasilan rendah namun menempati peringkat 5 teratas untuk semua kelompok pendapatan lainnya.

Negara berpenghasilan menengah ke bawah memiliki 10 penyebab kematian paling berbeda: lima tidak menular, empat menular, dan satu cedera. 

Diabetes adalah penyebab kematian yang meningkat dalam kelompok pendapatan ini: penyakit ini telah berpindah dari penyebab utama kematian ke-15 menjadi ke-9 dan jumlah kematian akibat penyakit ini meningkat hampir dua kali lipat sejak tahun 2000.

Sebagai 10 penyebab kematian teratas dalam kelompok pendapatan ini, penyakit diare tetap menjadi tantangan yang signifikan.  Namun, kategori penyakit ini mewakili penurunan kematian absolut terbesar, turun dari 1,9 juta menjadi 1,1 juta antara tahun 2000 dan 2019.

Peningkatan kematian absolut terbesar berasal dari penyakit jantung iskemik, meningkat lebih dari 1 juta menjadi 3,1 juta sejak tahun 2000.  HIV / AIDS telah mengalami penurunan peringkat terbesar di antara 10 penyebab kematian teratas sebelumnya pada tahun 2000, bergerak dari peringkat 8 ke peringkat 15.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro