Olahraga Yoga/Jibiphoto
Health

5 Olahraga yang Cocok untuk Pemulihan Covid-19

Desyinta Nuraini
Kamis, 17 Desember 2020 - 11:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Covid-19 memiliki kecenderungan untuk membuat kita merasa lemah hingga mengganggu kesehatan mental. Namun penting bagi Anda untuk terus meningkatkan kualitas hidup dan mempelajari aktivitas yang menyegarkan semangat. 

Konon, melakukan aktivitas fisik dapat membantu Anda merasa sehat dan juga dapat mempercepat proses pemulihan.

Jika Anda masih dalam tahap pemulihan dari Covid-19, Anda harus tetap dikarantina dan tidak boleh berhubungan sama sekali dengan orang lain. Selain itu, jika keadaan sudah jauh lebih baik, Anda dapat kembali ke rutinitas normal dan melakukan aktivitas fisik tetapi hindari olahraga berat dan olahraga yang dapat mempengaruhi sistem pernapasan dan jantung Anda.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di JAMA Cardiology, melakukan olahraga berat saat menderita Covid-19 dapat memperburuk gejala dan dapat memicu penyakit lain seperti miokarditis dan radang otot jantung. Oleh karena itu, agar tetap aman, cobalah untuk berolahraga skala ringan. 

Melansir Times of India, Kamis (17/12/2020), berikut adalah beberapa latihan yang dapat Anda lakukan di rumah saat memulihkan diri dari Covid-19 :

1. Berjalan

Berjalan adalah salah satu latihan termudah dan teraman yang dapat Anda lakukan di rumah, terutama ketika Anda sedang dalam masa pemulihan dari Covid-19. Ini dapat membantu Anda mendapatkan kembali kekuatan dan kebugaran Anda. Namun, jangan berlebihan dan batasi hingga 10 hingga 15 menit saja.

2. Senam tangga

Nah, olahraga mudah lainnya adalah senam tangga, yang bisa Anda lakukan dengan sangat nyaman di rumah. Itu tidak menuntut terlalu banyak energi tetapi akan membantu memperkuat otot-otot kaki Anda.

3. Senam duduk

Jika Anda merasa terlalu lelah, Anda selalu dapat menempatkan diri pada posisi duduk dan seraya menggerakkan kaki seakan menaikki tangga. Ini akan membantu melatih kaki Anda dan akan meningkatkan postur serta keseimbangan.

4. Senam kaki

Pegang pagar atau cari penyangga dinding dan angkat kaki Anda ke samping. Kembali ke posisi awal dan ulangi hal yang sama. Ini akan membuat kaki Anda hangat dan kelincahan untuk kembali ke bentuk normalnya. Demikian pula, Anda dapat melatih betis tetapi mengangkat jari-jari kaki ke atas dan kemudian menurunkan tumit ke bawah.

5. Yoga

Para ahli dan dokter merekomendasikan yoga dan meditasi kepada mereka yang pulih dari Covid-19. Tidak hanya mendorong kesadaran, tetapi juga membantu orang memperkaya kesehatan mental mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro