Ilustrasi/Thefiscaltime
Relationship

Tanda-Tanda Burnout di Tempat Kerja

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 17 Desember 2020 - 14:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Merasa kelelahan di tempat kerja adalah kejadian umum di antara banyak karyawan.

Setiap hari selama lebih dari 8 jam menatap layar komputer dan duduk di meja kerja bisa membuat Anda kelelahan hingga burnout.

Namun, tidak semua karyawan yang merasa jenuh membenci pekerjaannya. Orang yang benar-benar mencintai pekerjaannya juga bisa merasakan beban tekanan kerja yang ekstrim.

Penting untuk mengidentifikasi apa yang sebenarnya membuat Anda merasa lelah, atau hal itu bisa menjadi tantangan. Jadi, inilah tanda-tanda untuk mengidentifikasi apakah Anda merasa lelah.

1. Kelelahan

Perasaan terlalu lelah atau kehabisan energi adalah tanda utama mengidentifikasi burnout dalam pekerjaan Anda. Meskipun Anda sudah lama bekerja dan terbiasa dengan rutinitas kerja yang ekstrim, wajar jika Anda merasa jenuh kapan saja. Ini hanya menunjukkan bahwa kelelahan telah merayapi Anda, waktunya mengurangi pekerjaan Anda.

2. Merasa lelah secara mental

Bahkan jika itu adalah pekerjaan impian Anda yang sedang Anda kerjakan, perasaan lelah bukanlah hal yang aneh. Sebaliknya, Anda akan semakin menjauh dari pekerjaan itu. Antusiasme dan minat akan sangat berkurang. Rasa pemenuhan pekerjaan Anda perlahan-lahan akan habis, mempengaruhi kinerja Anda di tempat kerja. Ini juga dapat berdampak negatif pada minat Anda di luar pekerjaan juga.

3. Berpikiran negatif

Anda mungkin terus berpikir bahwa kontribusi Anda pada proyek atau tugas apa pun tidak penting. Bahkan jika itu berdampak atau tidak. Ini berarti Anda juga menderita karena kurang percaya diri pada pekerjaan Anda, yang juga menyebabkan Anda merusak produktivitas dalam karier Anda.

4. Performa buruk

Indikator burnout lainnya adalah bahwa Anda telah melakukan pekerjaan yang tidak memuaskan. Kurangnya energi berdampak negatif pada pekerjaan Anda, menyebabkan Anda berkinerja buruk. Semakin buruk pekerjaan Anda dapat menimbulkan banyak risiko dalam waktu dekat. Jika salah satu terus berkinerja buruk, mungkin Anda bisa dipecat secepat mungkin.

5. Sakit yang berulang

Jika Anda cenderung sering sakit, kemungkinan besar sistem kesehatan kekebalan Anda terganggu. Jika Anda terus-menerus berada di bawah tekanan kerja, stres tidak bisa dihindari. Hal tersebut pada gilirannya menimbulkan risiko kesehatan yang tinggi, menyebabkan Anda mudah sakit. Jika sistem kekebalan Anda menyebabkan penyakit berulang, pahami bahwa kelelahan di tempat kerja menjadi masalah serius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro