Ilustrasi petugas beristirahat setelah menyemprotkan disinfektan di salah satu wilayah di Jakarta./Antara
Health

Covid-19 Belum Pergi, Ini Tindakan Pencegahan agar Tak Tertular

M. Syahran W. Lubis
Minggu, 20 Desember 2020 - 12:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Terjangan virus corona jenis Covid-19 belum berangsur menyusut. Untuk mengurangi potensi tertular, kita dapat melakukan tindakan pencegahan.

Beberapa langkah sebagai upaya mencegah tertular virus tersebut di antaranya menjaga kesehatan dan kebugaran agar sistem imunitas/kekebalan tubuh meningkat; gunakan masker penutup mulut dan hidung ketika berada di luar rumah; serta selalu menaga jarak aman dengan orang lain minimal 1,5 meter.

Langkah lainnya, sebagaimana tertera pada laman resmi Covid-19 Pemprov DKI, adalah mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan alkohol 70 persen hingga 80 persen handrub sesuai dengan langkah-langkah mencuci tangan yang benar.

Mencuci tangan sampai bersih merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Sebagian besar penyebaran penyakit akibat virus dan bakteri bersumber dari tangan. Oleh karena itu, menjaga kebersihan tangan sangatlah penting.

Berikutnya, pada saat batuk dan bersin, upayakan menjaga agar lingkungan tidak tertular. Tutup hidung dan mulut dengan tisu atau dengan lipatan siku tangan bagian dalam—bukan dengan telapak tangan—dan selalu gunakan masker.

Hindari pula kontak dengan orang lain atau bepergian ke tempat umum. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut.

Tangan menyentuh banyak hal yang dapat terkontaminasi virus. Jika kita menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi, virus dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita.

Beberapa langkah berikutnya adalah memuang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dengan benar, lalu cucilah tangan Anda; menunda perjalanan ke daerah/negara yang diketahui virus ini ditemukan; serta hindari bepergian ke luar rumah kecuali untuk kegiatan mendesak .

Jangan lupa pula, selalu pantau perkembangan penyakit Covid-19 dari sumber resmi dan akurat. Ikuti arahan dan informasi dari petugas kesehatan dan Dinas Kesehatan setempat. Informasi dari sumber yang tepat dapat membantu Anda melindungi dari penularan dan penyebaran penyakit ini.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro