Bayi yang terlalu banyak minum air putih terlalu banyak bisa menyebabkan keracunan/wikipedia
Health

Bayi Keracunan Air Putih, Kenali Ciri-Cirinya

Krizia Putri Kinanti
Senin, 21 Desember 2020 - 15:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Air adalah salah satu kebutuhan dasar tubuh manusia, dan untuk alasan ini, kita semua sangat menekankan pada minum banyak air sepanjang hari. Hal yang sama juga berlaku untuk bayi.

Namun, air tidak boleh diberikan sebelum usia enam bulan atau sampai atau kecuali dokter Anda menyarankan Anda untuk melakukannya. Ini karena terkadang memasukkan air terlalu dini atau memberi makan kelebihan air (dengan menambahkan lebih banyak air ke dalam susu formula, mencampurkan air ke dalam ASI, atau hanya memberi makan air) ke bayi Anda dapat menyebabkan keracunan air.

Dikutip dari Parenting Firstcry, Senin (21/12/2020), mari kita cari tahu lebih lanjut tentang keracunan air pada bayi, penyebabnya, gejalanya:

Apa itu keracunan air?

Dengan kata sederhana, keracunan air atau toksemia air pada bayi adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh mengalami kelebihan cairan akibat minum terlalu banyak air atau cairan lain.

Air yang berlebihan dapat mengganggu kadar natrium dan elektrolit bayi dan dapat berakibat fatal bagi kesehatan bayi. Sebisa mungkin, hindari memberikan air tambahan kepada bayi karena ASI atau susu formula memenuhi kebutuhan air mereka.

Apa penyebab keracunan air?

Meski kedengarannya aneh, tetapi terkadang terlalu banyak air juga terbukti berbahaya bagi kesehatan bayi Anda dengan menyebabkan keracunan air. Jika Anda terkejut tentang bagaimana hal itu bisa terjadi, berikut beberapa alasan atau penyebab keracunan air:

  1. Memberi Makan Air atau Jus untuk Bayi

Hingga usia enam bulan, bayi Anda dapat mengganti semua kebutuhan airnya dari ASI atau susu formula, sehingga ia mungkin tidak memerlukan air tambahan. Namun, terkadang orang tua mulai memberi jus buah atau air untuk bayi mereka, yang dapat menyebabkan kondisi ini. Jangan memberi makan cairan apa pun selain ASI atau susu formula, kecuali dokter Anda menyarankan hal yang sama.

  1. Menambahkan Air Berlebih ke Formula

Saat memberikan susu formula kepada bayi Anda, sangat penting bagi Anda untuk mengikuti semua petunjuk dengan cermat yang tertera pada label. Kadang-kadang orang tua tanpa sadar atau sadar menambahkan lebih banyak air saat membuat susu formula; hal ini dapat menyebabkan keracunan air pada bayi mereka.

  1. Menawarkan Air dari Cangkir Anda

Beberapa orang tua suka berbagi air, jus, atau cairan lain dari cangkir mereka dengan bayi mereka. Nah, seteguk dua mungkin tidak menjadi masalah. Namun, terkadang bayi menelan banyak cairan dari cangkir yang menyebabkan konsumsi cairan berlebih. Jika Anda berlatih berbagi cairan dari cangkir setiap kali Anda meminumnya, ini juga dapat menyebabkan keracunan air pada bayi baru lahir dan bayi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro