Disney+
Entertainment

Tinggalkan Bioskop, Disney dan Warner bakal Pindah ke Layar Kecil?

Mia Chitra Dinisari
Senin, 21 Desember 2020 - 12:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bioskop menjadi salah satu industri yang paling terpukul selama pandemi corona.

Lockdown dan kelangkaan rilis baru telah mengurangi perolehan box-office di seluruh dunia sekitar 70% pada tahun 2020.

Semula bagi pemilik bioskop, Hari Natal akan menjadi penyelamat, ketika penonton akan kembali masuk ke dalam teater.

Namun plot twist terjadi, ketika Warner Bros, telah mengumumkan bahwa salah satu film paling ditunggu 2020 yakni "Wonder Woman 1984" dan 17 film fitur pada daftar rilis Warner untuk tahun 2021 akan tersedia di layanan streaming hbo Max di hari peluncurannya di bioskop.

Warner bukan satu-satunya studio yang mengalihkan fokusnya ke layar kecil. Pada bulan Juli, Universal Pictures, bagian dari Comcast, membuat kesepakatan dengan amc, jaringan bioskop terbesar di dunia, untuk memberi waktu kepada bioskop hanya 17 hari sebelum filmnya tersedia secara online.

Paramount Pictures, milik Viacomcbs, telah menjual beberapa film ke Netflix tahun ini daripada merilisnya ke auditorium kosong. Dan pada 10 Desember Disney, studio terbesar Hollywood, mengisyaratkan bahwa mereka juga melihat masa depannya dalam streaming.

Dalam presentasi kepada investor, studio tersebut mengumumkan sekumpulan konten baru untuk layanan streaming Disney +: sepuluh seri "Star Wars", sepuluh lainnya berdasarkan buku komik Marvel, 15 seri orisinal baru lainnya, dan 15 film fitur.

Pada tahun 2024, Disney + akan menghabiskan kurang lebih biaya US$8 miliar-9 miliar per tahun untuk konten, naik dari US$2 miliar pada tahun 2020. Dan perusahaan akan membelanjakan US$14 miliar-16 miliar setahun, hampir sama dengan sebesar US$17 miliar yang dialokasikan Netflix, yang memelopori streaming, pada tahun 2020.

"Tsunami konten" Disney adalah "menakutkan bagi perusahaan sub-skala mana pun yang berpikir untuk bersaing di ruang hiburan bernaskah", tulis Michael Nathanson dari MoffattNathanson, sebuah perusahaan riset media.

Harga saham Disney melonjak hampir 14% sehari setelah presentasinya, mencapai titik tertinggi sepanjang masa dan menambahkan $ 38 miliar ke nilai pasar sahamnya.

Disney sekarang mengharapkan 230 juta-260 juta pelanggan Disney + pada tahun 2024 — lebih dari tiga kali lipat dari target sebelumnya.

Penonton tambahan, dan kenaikan harga yang direncanakan, membuat layanan ini mencapai titik impas pada tahun 2024, meskipun pengeluaran konten lebih banyak. Di semua saluran streamingnya, Disney mengharapkan lebih dari 300 juta pelanggan pada tahun 2024 — mungkin cukup untuk menyalip Netflix, saat ini 195 juta. Disney akan membawa Netflix lebih langsung melalui layanan baru, Star, dengan program yang lebih luas, termasuk acara baru yang dibintangi oleh klan Kardashian yang tak kenal lelah.

Dua bulan lalu Disney memulai restrukturisasi perusahaan untuk meningkatkan fokusnya pada streaming. Sejak itu mereka telah memangkas pekerjaan di abc News dan mengumumkan penutupan bisnis radionya.

Rencana Disney + menyiratkan bahwa pada 2024 streaming akan menjadi bisnis terbesar perusahaan berdasarkan pendapatan, catat Benjamin Swinburne dari Morgan Stanley, sebuah bank. Apa pun yang mungkin dipikirkan oleh beberapa sutradara, "dibuat untuk tv" tidak lagi menjadi penghinaan di Hollywood. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro