Eijkman Institute adalah lembaga penelitian yang diperbarui, nirlaba, yang didanai pemerintah melakukan penelitian dasar dalam biologi molekuler medis dan bioteknologi. Lembaga ini terletak di jantung kota Jakarta, ibu kota Indonesia.
Health

Varian Baru Corona Tak Pengaruhi Efektivitas Vaksin yang Dikembangkan

Rahmad Fauzan
Kamis, 24 Desember 2020 - 19:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kemunculan varian baru virus corona di Eropa disebut tidak akan memengaruhi efektivitas vaksin yang dikembangkan sampai dengan saat ini.

Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman Amin Soebandrio mengatakan bahwa tidak terpengaruhnya efektivitas vaksin Covid-19 yang sudah dikembangkan seiring dengan belum adanya bukti bahwa varian baru tersebut lebih berbahaya dibandingkan dengan varian sebelumnya.

"Belum ada bukti bahwa varian baru ini lebih berbahaya sehingga vaksin yang sudah dikembangkan selama ini masih efektif," ujar Amin dalam acara yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) secara virtual, Kamis (24/12/2020).

Dia juga menginformasikan bahwa sampai dengan saat ini virus corona yang bermutasi di Indonesia masih berkerabat dekat dengan virus yang menyebar di Wuhan, China, beberapa bulan lalu.

Dengan demikian, belum ada informasi bahwa virus corona varian baru yang menyebar di Eropa, Australia, hingga ke negei jiran Singapura tersebut juga menyebar di Tanah Air.

Pada perkembangan lain, LBM Eijkman mengatakan bahwa progres pengembangan vaksin Merah Putih sudah mencapai 60 persen dan penyerahan bibit vaksin akan diserahkan kepada PT Bio Farma untuk ditindaklanjuti sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Beberapa waktu lalu pemerintah menargetkan vaksin Merah Putih bisa diproduksi pada akhir 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Zufrizal
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro