Sel virus corona
Health

Studi Ungkap Supercovid 56 Persen Lebih Menular

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 26 Desember 2020 - 19:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para ilmuwan mengungkapkan bahwa virus baru corona yang terjadi di Inggris dan menyebar di bebera negara 56 persen lebih menular. 

Selain itu, studi itu juga mengungkap penularannya lebih cepat.

Dalam sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan di London School of Hygiene and Tropical Medicine, para ahli mengklaim bahwa jenis baru dari virus corona baru dapat menyebabkan lebih banyak kematian di Inggris dan lockdown akan dapat menahan penyebaran infeksi.

Akibat penularan yang meningkat, jumlah kasus juga bakal naik. Para ahli khawatir hal ini dapat menyebabkan lebih banyak rawat inap dan kematian terkait COVID pada tahun 2021 dibandingkan dengan tahun 2020.

Para ahli juga mengatakan bahwa pelonggaran aturan penguncian akan mendorong kembalinya virus secara besar-besaran, yang berarti mungkin perlu untuk mempercepat peluncuran vaksin untuk menekan beban penyakit.

Strain baru virus COVID-19 ditemukan di Inggris tenggara pada November setelah pemerintah Inggris menerapkan kembali pembatasan di Inggris dan daerah sekitarnya.

Tidak hanya itu, banyak negara lain termasuk negara kita juga memberlakukan kembali pembatasan perjalanan dan menangguhkan semua penerbangan dari Inggris saat ini. Karantina 14 hari telah diwajibkan bagi orang-orang yang datang dari Inggris.

Varian baru virus corona diberi nama "VUI 202012/01". Ini termasuk mutasi genetik pada protein "lonjakan" yang dapat menyebabkan penyebaran virus dengan mudah dan langsung, membuatnya lebih mematikan. Varian baru ini memiliki 17 mutasi yang memengaruhi bentuk virus, termasuk protein lonjakan yang menjadi asal nama keluarga virus corona.

Dengan virus varian baru, tiga gejala paling umum yaitu demam, batuk kering, dan hilangnya bau serta rasa tetap sama. Tetapi ada tujuh gejala lain yang telah dikaitkan dengan varian baru tersebut. Gejala-gejalanya meliputi kelelahan, kehilangan nafsu makan, diare, sakit kepala, nyeri otot, dan kebingungan mental.

Mutasi virus membuatnya mudah untuk memasuki sel manusia, yang membuat anak-anak lebih rentan terinfeksi dan sama rentannya terhadap virus seperti orang dewasa. Dengan strain baru dalam gambar, kita mungkin melihat lebih banyak anak terinfeksi virus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro