Gejala serius infeksi virus corona./ilustrasi
Health

Kenali 5 Gejala Serius Virus Corona yang Membutuhkan Pertolongan

Syaiful Millah
Selasa, 29 Desember 2020 - 09:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Varian baru virus corona tampaknya tidak lebih berbahaya daripada mutasi sebelumnya, tetapi secara signifikan lebih menular. Untuk menghindari risiko, sangat penting bagi masyarakat untuk menanggapi tanda peringatan Covid-19 yang muncul.

Sepanjang pandemi berlangsung, lembaga-lembaga kesehatan telah menyesuaikan daftar kemungkinan tanda peringatan virus corona dengan adanya bukti-bukti baru. Diketahui virus corona memiliki berbagai gejala yang dialami oleh pasien.

Dilansir dari Express UK, Selasa (29/12) selain gejala utama, Center for Disease (CDC) menerbitkan lima tanda peringatan darurat Covid-19. Jika seseorang menunjukkan salah satu dari tanda ini, lembaga itu mendesak mereka segera mencari perawatan medis.

Kelima tanda peringatan darurat yang diumumkan oleh CDC adalah kesulitan bernapas, nyeri atau tekanan yang terus-menerus di dada, kebingungan yang muncul tiba-tiba, ketidakmampuan untuk bangun atau tetap terjaga, dan bibir atau wajah kebiruan.

“Daftar ini tidak semuanya merupakan gejala yang mungkin menyebabkan keparahan penyakit. Hubungi fasilitas medis untuk gejala lain yang parah atau gejala lain yang mengkhawatirkan bagi Anda,” kata CDC dalam keterangannya.

Sementara itu terkait dengan strain baru corona, penelitian belum sepenuhnya menetapkan sifat mutasi strain baru tersebut, tetapi data awal menunjukkan bahwa varian anyar ini jauh lebih mungkin ditularkan daripada mutasi sebelumnya.

London School of Hygiene and Tropical Medicine melaporkan varian tersebut 56 persen lebih dapat ditularkan daripada jenis lainnya. Ini kemungkinan akan menyebabkan tingkat rawat inap dan kematian yang lebih tinggi pada tahun depan.

Data lain yakni yang disampaikan oleh pemerintah Inggris sebelumnya menyatakan bahwa varian mutasi tampaknya sekitar 70 persen lebih menular. Kendati tidak lebih berbahaya, hampir pasti bahwa varian ini lebih cepat menyebar.

Adapun, Public Health England (PHE) mengatakan cara pengendalian virus ini masih sama apapun variannya. Virus tidak akan menyebar jika orang menghindari kontak dekat dengan orang lainnya. Mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak masih merupakan cara yang efektif.

"Saat ini kami tidak memiliki bukti bahwa varian tersebut lebih mungkin menyebabkan penyakit parah atau kematian, tetapi kami melanjutkan penyelidikan untuk memahami hal ini dengan lebih baik," kata PHE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro