Warga berolahraga di Komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (21/2/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Fashion

6 Hal yang Wajib Lakukan Usai Pulih dari Virus Corona

Novita Sari Simamora
Senin, 4 Januari 2021 - 10:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah seseorang terinfeksi virus corona, maka kebanyakan orang membentuk antibodi yang memadai sehingga bisa mencegah mereka tertular virus lagi.

Ada juga kasus-kasus yang ditemukan bahwa orang yang sudah terinfeksi virus corona (Covid-19) memiliki potensi terinfeksi virus corona yang lebih tinggi. Mengutip dari NDTV, Senin (4/1/2021), penyintas virus corona wajib melaksanakan 3M dan mengikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Latihan secara konsisten

Berolahraga mungkin akan merepotkan jika Anda sedang dalam masa pemulihan, dan tubuh Anda lemah, namun secara bertahap jangan lupa  untuk memasukkan olahraga ke dalam jadwal harian Anda, untuk membuat Anda sehat secara fisik dan mental.

2. Miliki rutinitas mengonsumsi makanan yang bergizi

Praktik mendasar lainnya adalah memiliki pola makan kaya nutrisi dan suplemen untuk membantu mempercepat pemulihan. 

Virus corona bisa membuat tubuh Anda stres dan obat-obatan juga dapat melemahkan tubuh Anda. Beberapa pasien juga mengalami penurunan berat badan atau penambahan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Maka, cobalah untuk mengatur pola makan yang terorganisir dengan baik yang sarat dengan produk organik, sayuran, telur dan unggas yang aman untuk mengimbangi nafsu makan yang hilang. Usahakan memiliki makanan yang dimasak dan mudah diolah untuk tubuh. Ingatlah, tubuh Anda baru saja mencoba untuk kembali ke kekuatan penuh. Cobalah untuk tidak memaksakan diri atau makan yang tidak diinginkan.

3. Tingkatkan kualitas ingatan Anda

Virus corona diketahui merusak sel memori Anda. Untuk mendapatkan kembali perhatian yang hilang, kemampuan berpikir kognitif, dan ingatan, luangkan waktu hari-hari Anda untuk bermain teka-teki, permainan memori, dan aktivitas yang membuat Anda berpikir lebih keras. 

Mulailah dengan aktivitas yang memungkinkan mengasah otak, dan terus tantang diri Anda untuk membangun ketajaman. Kuncinya adalah berjalan perlahan namun mencapai sesuatu untuk otak Anda setiap hari.

4. Face down

Jangan berharap untuk kembali ke rutinitas kehidupan normal Anda segera setelah Anda pulang atau tes negatif untuk virus. Untuk selanjutnya, berikan diri Anda cukup waktu untuk secara bertahap beralih ke praktik lama sehari-hari Anda, lakukan setiap hari pada satu waktu.

Ingatlah, Anda baru-baru ini berjuang melawan penyakit yang sangat menyerang sistem kekebalan Anda dan adalah cerdas untuk melakukan latihan lama Anda secara bertahap, daripada hanya mengambil risiko.

5. Fokus pada sinyal yang mengkhawatirkan

Tetap berhubungan terus-menerus dengan dokter perawatan primer Anda jika masalah seperti itu muncul dalam periode pasca penyembuhan.

6. Beri ruang bagi orang lain dalam perjalanan pemulihan Anda

Pahami bahwa tubuh Anda membutuhkan istirahat untuk merasa seperti diri Anda sendiri setelah Anda negatif dari virus corona (Covid-19). Oleh karena itu, carilah bantuan pada titik mana pun yang Anda butuhkan karena itu akan membantu Anda mengatur energi untuk melawan kelelahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro