Megavac
Health

Alat Medis Ini Diklaim Ampuh Atasi Serangan Jantung

Desyinta Nuraini
Rabu, 6 Januari 2021 - 16:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan teknologi di dunia medis semakin pesat, salah satunya dalam mengatasi penyumbatan darah.

Penggumpalan darah umumnya di pembuluh darah koroner dan arteri perifer menjadi penyebab utama serangan jantung. Gumpalan semacam itu dapat dihilangkan melalui proses yang dikenal sebagai trombektomi (pengangkatan gumpalan darah).

Selama ini memang terapi trombolitik yang dikenal sebagai pengobatan untuk melarutkan gumpalan darah besar di kedua pembuluh darah tersebut. Namun ada kekurangan dari prosedur trombektomi dari perangkat yang saat ini digunakan di rumah sakit tersebut.

Alat ini sering meninggalkan 30% hingga 50% gumpalan sebagai residu. Selain itu, alat ini juga menempatkan pasien pada risiko tinggi karena selama trombektomi, terjadi fragmentasi gumpalan darah. Ini dikenal sebagai Embolisasi Distal. Ini berbahaya karena mengurangi aliran darah, menyebabkan kematian jaringan, dan juga kematian.

Untungnya, kemajuan dalam teknologi penghilangan gumpalan darah telah menghasilkan inovasi baru yakni Sistem Trombektomi Mekanis MegaVac.

MegaVac dapat menghilangkan gumpalan darah di arteri, melindungi dari embolisasi distal. "Jadi MegaVac sangat berhasil mencegah hal itu terjadi," ujar Kardiolog Jeffrey Chambes seperti dikutip dalam video di Twitter Insider Tech, Rabu (6/1/2021).

Dalam cara kerjanya, alat MegaVac dimasukkan ke lokasi pembekuan darah di arteri kemudian mengembang untuk memblokir sementarabaliran darah di arteri tersebut.

Kemudian gumpalan darah ersebut akan ditarik keluar. "Dan hasil akhirnya adalah Anda menghilangkan sejumlah besar trombus dengan cepat dan berhasil," imbuhnya.

Saat ini, MegaVac sudah dikomersialisasikan karena penggunaannya sudah disetujui FDA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro