Sel virus corona
Health

Ilmuwan Inggris Kembangkan Smart Patch Vaksin Covid-19 Pertama di Dunia

Syaiful Millah
Kamis, 7 Januari 2021 - 18:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ilmuwan dari Inggris mengembangkan smart patch vaksin virus corona Covid-19 pertama di dunia.

Perangkat chip ini bertujuan untuk mengelola vaksin virus corona dan memantau kemanjurannya dengan melacak respons kekebalan tubuh.

Dilansir dari Metro UK, Kamis (7/1) para ilmuwan dari Swansea University tengah mengembangkan smart patch vaksin Covid-19, perangkat silikon sekali pakai menggunakan microneedles untuk memberikan vaksin dan memantau seberapa baik kinerjanya.

Perangkat ini diikat ke lengan pasien hingga 24 jam dan kemudian dipindai untuk memberikan pembacaan data bagi para peneliti. Ilmuwan mengatakan bahwa patch adalah solusi sempurna untuk orang yang takut jarum.

Dosen senior Swansea University Sanjiv Sharma mengatakan, apa yang mereka harapkan dalam menanggapi pemberian sendiri patch vaksin ini adalah untuk melihat produksi imunoglobulin, yang dapat dideteksi oleh perangkat.

Dia melanjutkan, perangkat administrasi vaksin berbiaya rendah ini akan memastikan kembali bekerja dengan aman dan manajemen wabah Covid-19 berikutnya.

“Di luar pandemi, ruang lingkup pekerjaan ini dapat diperluas untuk diterapkan pada penyakit menular lainnya karena sifat platformnya memuungkinkan adaptasi ke berbagai penyakit,” katanya.

Sharma menyatakan tambalan pintar ini juga tidak akan terlalu menyakitkan dibandingkan dengan jarum suntik karena tidak terlalu masuk ke dalam kulit. Menggunakan microneedles polikarbonat atau silikon sepanjang milimeter, smart patch dapat menembus kulit untuk memberikan vaksin.

Olivia Howells, mahasiswa doktoral yang terlibat dalam pengembangan mengatakan bahwa perangkat ini tidak menembus terlalu dalam ke dalam kulit dan tidak menstimulasi reseptor rasa sakit. Jadi, rasa sakit yang ditimbulkan tidak sebanyak pad jarum suntik.

Tim pusat penelitian Swansea University bekerja sama dengan Impercial College London mengembangkan hal tersebut. Mereka berharap dapat menghasilkan prototipe pada Maret tahun ini.

Selanjutnya studi klinis pada manusia tentang pengiriman vaksin harus dilakukan sebelum membuatnya tersedia untuk publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro