Ilustrasi - Flu burung/abcnews.go.com
Health

Virus Flu Burung Merebak di Tengah Pandemi Corona

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 8 Januari 2021 - 14:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi corona belum selesai dan kini ada ancaman pandemi baru menyusul kasus flu burung mulai bermunculan di beberapa negara.

Di India, muncul penyakit misterius yang mengakibatkan kematian massal burung di Barwala Panchkula, Haryana. Dalam satu bulan terakhir, jumlah ayam yang mati melonjak menjadi 4,3 lakh di pusat unggas terbesar di Asia, menampung hampir 80 lakh burung di lebih dari 100 peternakan yang terletak di daerah tersebut.

Ini jauh di atas angka kematian normal yang dilaporkan setiap musim dingin karena cuaca dingin yang parah.

Sementara itu, laporan dari berbagai burung migran dan lokal yang mati menumpuk dari lahan basah dan badan air tetangga, termasuk Danau Sukhna di Chandigarh dan Danau Pong dan daerah Bilaspur di Himachal, ada kebutuhan untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan preventif. 

Puluhan ribu unggas akan dibunuh di India setelah wabah flu burung yang mematikan ditemukan telah membunuh sejumlah unggas di seluruh negeri, kata para pejabat Selasa.

Sedikitnya enam negara bagian di India telah meningkatkan upaya untuk menahan dua jenis flu burung  H5N1 dan H5N8  dalam beberapa hari terakhir setelah kematian ribuan burung, bebek, burung gagak dan ayam yang bermigrasi.

H5N8, subtipe flu burung pada unggas dan burung liar, telah menyebar ke beberapa negara sejak awal tahun lalu.

Pejabat di Himachal Pradesh mengatakan bangkai ditemukan selama seminggu terakhir di danau Himalaya yang menjadi saksi kawanan besar burung yang bermigrasi selama musim dingin.

"Korban tewas dalam seminggu terakhir atau lebih di danau Pong melintasi 2.400 burung migran. Lebih dari 600 burung mati pada Senin," kata kepala satwa liar negara bagian Archana Sharma dilansir dari Mint.

Sampel yang dikirim ke Institut Nasional Penyakit Hewan Keamanan Tinggi India dinyatakan positif H5N1, para pejabat menambahkan.

Sebagian besar yang mati adalah angsa berkepala batang dataran tinggi Asia Tengah - salah satu burung terbang tertinggi di dunia - yang bermigrasi ke Asia Selatan dalam jumlah ribuan selama musim dingin.

Otoritas lokal telah melarang penjualan dan ekspor unggas di wilayah tersebut dan telah meningkatkan pengujian untuk mengendalikan penyebarannya.

Kematian massal terjadi di tengah pemusnahan hampir 35.000 unggas di Kerala, di mana wabah virus H5N8 membunuh hingga 12.000 bebek.

Pihak berwenang mengatakan pembantaian diperintahkan dalam radius satu kilometer (0,6 mil) dari pusat infeksi.

Di negara bagian Haryana, otoritas mengatakan hampir 150.000 ayam mati secara misterius di beberapa peternakan unggas di distrik Barwala. Punjab tetangga juga melaporkan kematian serupa.

Lebih dari 20 peternakan mengatakan ternak mereka dimusnahkan oleh "penyakit tak dikenal" dan sampel telah dikirim ke laboratorium untuk diuji.

Rajasthan dan Madhya Pradesh juga telah melaporkan ratusan kematian gagak yang disebabkan oleh H5N1 dan H5N8 selama beberapa minggu terakhir.

Rajasthan telah melihat hampir 4.500 burung gagak dan bangau mati selama beberapa bulan karena flu burung.

India telah menyaksikan serangan wabah flu burung yang menghancurkan dalam beberapa dekade terakhir, paling parah pada tahun 2008, ketika jutaan unggas dimusnahkan.

Sementara itu di Senegal, telah dilaporkan wabah flu burung H5N1 yang sangat patogen pada peternakan unggas.

Wabah itu, yang terjadi di wilayah Thies di timur ibu kota Dakar, telah membunuh 58.000 burung dari 100.000 kawanan unggas, dengan sisa hewan dimusnahkan, demikian dilansir dari Mint.

Selanjutnya, ada dugaan wabah flu burung kedua terjadi di Irlandia Utara.

Ketua Serikat Petani Ulster Victor Chestnutt mengatakan hasil awal telah mengkonfirmasi penyakit itu di sebuah tempat antara Moira dan Lisburn.

Ini menyusul wabah di peternakan unggas komersial dekat Clough di County Antrim pada Malam Tahun Baru.

Tiga puluh ribu burung akan disembelih di sana sebagai bagian dari tanggapan yang dipimpin pemerintah.

Ini adalah masalah utama bagi industri unggas yang mengakibatkan pemusnahan ternak yang terkena dampak, dan pergerakan yang lebih luas serta pembatasan perdagangan untuk peternakan lain di daerah tersebut.

Tindakan diumumkan pada awal musim dingin untuk mencoba dan mencegah penularan dari burung liar ke peternakan unggas komersial.

Tes awal dilakukan di sebuah fasilitas di Irlandia Utara, dengan konfirmasi datang setelah pemeriksaan sekunder di laboratorium di Inggris Raya.

Unggas adalah industri senilai £ 750 juta setahun di Irlandia Utara yang mempekerjakan 5.000 orang.

Ada sekitar 24 juta burung di 650 peternakan, kebanyakan dari mereka di kabupaten Tyrone dan Antrim.

Penyakit ini telah terdeteksi pada sejumlah burung liar di Irlandia Utara pada musim dingin ini dan pada kelompok ternak komersial di Inggris Raya dan di Republik Irlandia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro