Lambang World Health Organization (WHO) terpampang di pintu masuk kantor pusat badan kesehatan dunia itu di Jenewa, Swiss, Selasa (18/2/2020)./Bloomberg-Stefan Wermuth
Health

WHO : Pandemi Corona di Dunia bisa Lebih Sulit di 2021

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 14 Januari 2021 - 07:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan tahun kedua pandemi COVID-19 mungkin lebih sulit daripada yang pertama.

Hal itu, mengingat bagaimana virus corona baru menyebar, terutama di belahan bumi utara karena lebih banyak varian menular yang beredar.

"Kami akan memasuki tahun kedua ini, bahkan bisa lebih sulit mengingat dinamika transmisi dan beberapa masalah yang kami lihat," kata Mike Ryan, pejabat tinggi darurat WHO, dilansir dari CNA.

Jumlah kematian di seluruh dunia mendekati 2 juta orang sejak pandemi dimulai, dengan 91,5 juta orang terinfeksi.

WHO, dalam pembaruan epidemiologi terbaru yang dikeluarkan semalam, mengatakan setelah dua minggu lebih sedikit kasus yang dilaporkan, sekitar 5 juta kasus baru dilaporkan minggu lalu, kemungkinan akibat dari melemahnya pertahanan selama musim liburan di mana orang dan virus datang. bersama.

"Pastinya di belahan bumi utara, khususnya di Eropa dan Amerika Utara, kami telah melihat badai musim yang sempurna seperti itu - dingin, orang-orang masuk ke dalam, percampuran sosial yang meningkat dan kombinasi faktor-faktor yang telah mendorong peningkatan penularan di banyak, banyak negara, Kata Ryan.

Maria Van Kerkhove, kepala teknis WHO untuk COVID-19, memperingatkan: "Setelah liburan, di beberapa negara, situasinya akan menjadi jauh lebih buruk sebelum menjadi lebih baik."

Di tengah kekhawatiran yang berkembang dari varian virus korona yang lebih menular yang pertama kali terdeteksi di Inggris tetapi sekarang bercokol di seluruh dunia, pemerintah di seluruh Eropa pada hari Rabu mengumumkan pembatasan virus korona yang lebih ketat dan lebih lama.

Itu termasuk persyaratan kantor pusat dan penutupan toko di Swiss, keadaan darurat COVID-19 Italia yang diperpanjang, dan upaya Jerman untuk lebih mengurangi kontak antara orang-orang yang disalahkan atas upaya yang gagal, sejauh ini, untuk mengendalikan virus corona.

"Saya khawatir kita akan tetap dalam pola puncak dan palung dan puncak dan palung ini, dan kami dapat melakukannya dengan lebih baik," kata Van Kerkhove.

Dia menyerukan untuk menjaga jarak fisik. "Semakin jauh, semakin baik ... tapi pastikan Anda menjaga jarak itu dari orang-orang di luar rumah tangga dekat Anda." Katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro