Kemasan vaksin Covid-19 diperlihatkan di Command Center serta Sistem Manajemen Distribusi Vaksin (SMDV) PT Bio Farma (Persero), Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/1/2021). Bisnis/Rachman
Health

Amankah Vaksin Sinovac di Indonesia? Ini Kata Ahli

Desyinta Nuraini
Jumat, 15 Januari 2021 - 12:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vaksinasi virus corona tahap awal sudah dimulai pada Rabu (13/1/2021) dengan Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang menerimanya.

Namun masih banyak masyarakat yang ragu dan khawatir tentang keamanan vaksin. Apalagi saat ini uji klinis tahap 3 di Bandung belum rampung dan baru mengeluarkan hasil Sengara.

"Semua vaksin Covid-19 dalam uji klinis fase 3 yang sudah mendapatkan EUA pada umumnya keamanan baik," sebut rekomendasi sementara Divisi Alergi dan Imunologi Klinik Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, dikutip dari akun Spesialis Penyakit Dalam dr. RA Adaninggar," Jumat (15/1/2021).

Terkait perbedaan hasil uji klinis vaksin Sinovac di Turki, Brasil, Dan Indonesia, para ahli menyebut hasil penelitian bisa berbeda-beda bila dilakukan di tempat dan waktu yang berbeda, karena ada perbedaan subjek dan paparan virusnya.

Soal perlindungan vaksin, memang belum diketahui. Itu baru akan diamati dalam 6 bulan setelah suntikan kedua. "Perlu suntikan ulang/booster belum diketahui," tulis para ahli.

Mengenai adanya mutasi, para ahli mengatakan sementara ini belum ada bukti efektivitas vaksin terpengaruh mutasi yang sudah ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro