ilustrasi diet/bisnis.com
Health

Mengapa Perempuan Kerap Naik Berat Badan saat Menstruasi?

Mia Chitra Dinisari
Senin, 18 Januari 2021 - 07:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peningkatan berat badan saat menstruasi itu nyata dan cukup normal.

Hampir 5 hari yang menyakitkan dalam sebulan, kebanyakan wanita mengalami kenaikan berat badan tetapi itu hanya sementara.

Fluktuasi timbangan selama siklus menstruasi bulanan sebagian besar disebabkan oleh retensi air. Hal ini disebabkan karena hormon-estrogen dan progesteron, yang menurun dengan cepat sebelum menstruasi.

Penurunan kadar hormon ini memberi tahu tubuh Anda bahwa inilah saatnya untuk mulai menstruasi. Kedua hormon ini juga bertanggung jawab untuk mengatur keseimbangan elektrolit dan fluktuasi di dalamnya memaksa jaringan untuk mengakumulasi lebih banyak cairan, mengakibatkan retensi air, atau edema.

Proses retensi air sering kali menyebabkan pembengkakan atau pembengkakan pada payudara dan perut Anda.

Jadi, kenaikan berat badan selama periode tersebut pada dasarnya adalah air dan bukan lemak.

Segera setelah Anda selesai menstruasi, tingkat hormon kembali normal dan Anda kehilangan semua berat badan yang bertambah.

Hormon ini juga bisa membuat Anda merasa kembung dan pakaian Anda terasa lebih kencang.

Ketiga, selama periode tersebut, keinginan akan makanan yang tidak sehat dan menggemukkan meningkat. Sebagian besar waktu wanita menyerah pada keinginan mereka dan pesta makan. Itu karena penurunan tingkat progesteron, yang bekerja sebagai perangsang nafsu makan. Makan makanan tinggi gula atau tinggi lemak dapat meningkatkan asupan kalori dan aktivitas fisik yang rendah dapat dengan mudah menyebabkan penambahan berat badan.

Berapa berat badan kebanyakan wanita selama menstruasi

?Kebanyakan wanita mendapatkan 2 hingga 3 kilogram selama menstruasi. Tetapi berat ini umumnya adalah berat air dan setelah periode tersebut berakhir, berat ekstra akan hilang secara otomatis. Perubahan biasanya mulai terlihat 3 sampai 4 hari sebelum siklus bulanan dan menghilang 2-3 hari setelah itu.

Gejala normal lainnya yang terlihat selama periode tersebut meliputi:

Depresi

Kegelisahan

Sifat lekas marah

Kebingungan

Penarikan sosial

Insomnia

Sakit kepala

Sakit dan nyeri

Kelelahan

Masalah kulit

Sakit perut

Rasa haus dan nafsu makan berubah

nyeri payudara

kembung

Tidak perlu khawatir tentang penambahan berat badan air selama periode tersebut. Itu sangat normal. Anda hanya perlu menghindari makan makanan yang tidak sehat, gula dan makanan yang sarat lemak. Kenaikan berat badan yang disebabkan oleh makan berlebihan bersifat permanen dan Anda harus melakukan upaya ekstra untuk menurunkan berat badan ekstra tersebut. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan selama haid agar tetap sehat.

Minum lebih banyak air: Minum cukup air sepanjang minggu. Ini akan membantu menjaga tingkat elektrolit dalam tubuh dan mencegah tubuh Anda menyimpan cairan.

Makan makanan kaya serat: Makan makanan kaya serat dapat mencegah sembelit, yang umum terjadi selama ini. Serat akan memudahkan buang air besar dan mencegah Anda makan berlebihan.

Kurangi asupan garam: Makan terlalu banyak garam selama waktu ini dapat meningkatkan retensi air dan membuat Anda merasa lebih kembung. Jadi, sebisa mungkin hindari asupan garam yang berlebihan.

Olahraga: Tidak apa-apa untuk berolahraga selama periode tersebut. Bahkan jika Anda memilih untuk melakukan latihan berdampak rendah, tidak masalah. Jangan lewatkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro