Mencuci tangan pakai sabun dan memakai masker wajib dilaksanakan usai mendapatkan vaksin virus corona (Covid-19)./Freepik
Health

Usai Vaksinasi Virus Corona, Masyarakat Wajib Disiplin Protokol Kesehatan

Novita Sari Simamora
Selasa, 19 Januari 2021 - 16:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Disiplin saat menjalankan protokol kesehatan menjadi penting usai mendapatkan vaksin virus corona (Covid-19).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (UNS) Tonang Dwi Ardyanto mengungkapkan bahkan vaksin Covid-19 tidak akan berfungsi maksimal jika penerima vaksi tidak taat melaksanakan protokol kesehatan.

"Misalnya, dari 100 orang yang divaksin, bisa saja lebih dari 95 orang berhasil asal disiplin protokol kesehatan. Tapi, isa juga lebih dari 35 orang kena Covid-19 bergejala, bila tidak disiplin," ungkapnya, Selasa (19/1/2021).

Dia menuturkan bahwa cuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak menjadi kunci penting usai mendapatkan vaksinasi Covid-19. Menurutnya, target uji klinik vaksin Corona saat ini adalah pada tingkat mencegah timbulnya gejala berat sehingga mengurangi kematian di Indonesia.

Sebelumnya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) efek samping yang umum terdapat di lengan tempat Anda mendapat suntikan. Akan muncul rasa sakit atau pembengkakan. Anda juga bisa merasakan demam, panas dingin, kelelahan, dan sakit kepala.

Untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan saat Anda mendapat suntikan, CDC menyarankan agar mengoleskan waslap bersih, dingin, dan basah ke area tersebut. Juga, gunakan atau latih lengan Anda.

Untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat demam sebaiknya minum banyak cairan dan memakai pakaian yang tipis.

Dalam kebanyakan kasus, ketidaknyamanan akibat demam atau nyeri adalah normal. Namun jika kemerahan atau nyeri di tempat mendapat suntikan meningkat setelah 24 jam dan muncul efek samping yang lebih parah atau tidak kunjung hilang, sebaiknya segera menghubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro