Vaksin buatan Pfizer yang disetujui Inggris
Health

Puluhan Lansia Meninggal Dunia, Norwegia Tidak Ubah Aturan Vaksin Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 20 Januari 2021 - 06:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Norwegia tidak akan mengubah kebijakannya tentang penggunaan vaksin Covid Pfizer-BioNTech menyusul kematian di antara penerima lansia.

Tetapi para pejabat mengatakan bahwa petugas kesehatan harus menilai pasien dengan benar sebelum memutuskan apakah akan memberi mereka suntikan.

Pada 14 Januari, 23 laporan kematian yang diduga terkait dengan vaksin Covid-19 telah diserahkan ke registri kesehatan Norwegia.

Dari 13 kasus yang dianalisis secara rinci sejauh ini, individu yang bersangkutan adalah orang tua, lemah dan memiliki penyakit serius, kata Camilla Stoltenberg, direktur Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia (FHI), dilansir Aljazeera.

“Penting untuk diingat bahwa sekitar 45 orang meninggal setiap hari di panti jompo di Norwegia, jadi tidak selalu berarti bahwa angka kematian yang berlebihan atau ada hubungan sebab akibat,” katanya.

Stoltenberg menegaskan kembali bahwa pedoman FHI tentang pemberian vaksin tetap sama, yang menyatakan bahwa dokter harus mempertimbangkan kesehatan pasien mereka secara keseluruhan sebelum memberikan suntikan.

“Seseorang harus memiliki penilaian masing-masing dan setiap orang sebelum menawarkan vaksin,” katanya.

Tetapi, dia menambahkan bukan tidak mungkin bahwa beberapa dari mereka yang mendapatkan vaksin sangat lemah sehingga mungkin Anda harus mempertimbangkan kembali dan tidak memberi mereka vaksin, karena mereka sangat sakit sehingga mereka menjadi lebih buruk dari efek samping yang normal. saat tubuh bereaksi dan membangun kekebalan.

Berita kematian telah meningkatkan kekhawatiran atas keamanan vaksin.

BioNTech sebelumnya mengatakan bahwa otoritas kesehatan Norwegia mengubah rekomendasi mereka sehubungan dengan vaksinasi bagi orang yang sakit parah.

Tetapi perusahaan kemudian mencabut pernyataan tersebut setelah klarifikasi dari Norwegia. Pfizer belum memberikan komentar apa pun.

Korban tewas Norwegia akibat pandemi saat ini mencapai 521 orang, menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins.

Norwegia saat ini memvaksinasi orang yang ada di panti jompo, termasuk mereka yang memiliki kondisi mendasar yang serius.

Rata-rata 400 orang meninggal setiap minggu di panti jompo dan fasilitas perawatan jangka panjang di negara Nordik.

Reaksi merugikan yang umum terjadi pada vaksin messenger RNA - seperti suntikan Pfizer-BioNTech - termasuk demam, mual, dan diare.

Sejumlah negara, termasuk tetangga Norwegia, Denmark, Finlandia, Islandia, dan Swedia, juga telah melaporkan kematian pasca vaksinasi, tetapi tidak ada kaitan langsung dengan vaksin yang telah dibuat.

Lebih dari 48.000 orang telah divaksinasi di Norwegia sejauh ini.

Norwegia memiliki salah satu tingkat infeksi terendah di Eropa selama pandemi, memberlakukan pembatasan yang lebih ketat lebih awal daripada banyak negara lain.

Jumlah kumulatif 14 hari kasus COVID-19 per 100.000 penduduk berada di 157,95 dalam pekan yang berakhir 10 Januari, terendah kelima di Eropa di belakang Islandia, Yunani, Bulgaria dan Finlandia, menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa.

Perdana Menteri Erna Solberg pada hari Senin mengumumkan pelonggaran beberapa pembatasan virus korona setelah langkah-langkah ekstra yang diberlakukan selama dua minggu tampaknya telah mencapai efek yang diinginkan dalam memperlambat transmisi.

Tetapi Solberg menekankan bahwa tingkat infeksi tetap terlalu tinggi untuk kenyamanan.

"Meskipun langkah-langkah tersebut tampaknya berhasil, dan tingkat infeksi agak lebih rendah, situasinya masih belum pasti," katanya kepada parlemen. “Tingkat infeksi masih terlalu tinggi tetapi dengan upaya bersama, kami dapat mengurangi penyebarannya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro