Ilustrasi vaksin Covid-19./Antara
Health

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Usai Suntik Vaksin Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 21 Januari 2021 - 11:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - 
Vaksinasi virus corona telah dimulai di seluruh dunia. 

Vaksinasi, saat ini, adalah cara yang baik untuk mencapai kekebalan dan mencoba kembali ke kehidupan normal, meskipun sedikit.

Namun, vaksinasi tidak menjamin berakhirnya pandemi sepenuhnya. Tingkat imunisasi dan pencegahan massal juga bergantung pada jumlah orang yang mendapatkan vaksinasi, dan dosis yang tersedia untuk digunakan.

Oleh karena itu, melanjutkan gaya hidup seperti sebelum Covid-19 tidak akan semudah itu. Vaksin mungkin membuat hidup lebih mudah, tetapi ini masih perjuangan panjang sebelum kita mengucapkan selamat tinggal pada Covid-19.

Setelah vaksinasi, juga ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan usai suntik vaksin covid-19.

Berikut adalah daftar kegiatan yang tidak dapat Anda lakukan setelah vaksinasi

1. Tidak pakai masker

Vaksinasi, meskipun bermanfaat, hanya menawarkan tingkat perlindungan tertentu dan infeksi ulang masih mungkin terjadi.

Dosis vaksin tidak hanya menawarkan perlindungan setelah 14-28 hari (waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan antibodi yang kuat di dalam tubuh), tapi imunisasi massal juga akan membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk berkembang sepenuhnya.

Itu berarti masih banyak orang yang rentan.  Anda tidak akan dapat mengetahui siapa pembawa virus dan bukan.  Akan ada juga orang yang tidak mau menerima vaksin.  Oleh karena itu, menggunakan masker dan mengikuti kebersihan dasar akan tetap menjadi cara terbaik untuk mencegah COVID-19 dan penyakit terkait.

2. Tidak boleh minum alkohol selama 45 hari

Vaksin hanya dapat melakukan tugasnya hanya jika ada sistem kekebalan yang kuat dan sehat untuk mendukungnya.  Untuk alasan yang sama, para ahli mengesampingkan orang untuk mengonsumsi hal-hal tertentu untuk sementara waktu, termasuk alkohol.  Menurut para ahli, orang harus menahan diri dari minum alkohol setidaknya selama 45 hari setelah divaksinasi.

Alkohol diyakini dapat menekan fungsi kekebalan dan membuat seseorang tidak mampu mengembangkan imunogenisitas yang memadai setelah menerima dosis vaksin.  Itu juga sesuatu yang telah diiklankan dengan administrasi Sputnik V di Rusia.

4. Melanggar social distancing

Jarak enam kaki adalah cara yang baik untuk mencegah infeksi.  Sejumlah peneliti telah membuktikan bahwa jarak sosial yang cukup telah membantu meminimalkan risiko infeksi, sejak pandemi dimulai.  Di satu sisi, itu masih perlu diikuti.  Sama seperti protokol kebersihan dasar, menjaga jarak aman akan melawan COVID-19 dan infeksi lainnya yang menyerang di tingkat komunitas.

5. Mengunjungi tempat yang red zone

Vaksinasi tidak akan benar-benar memberi orang izin berkeliaran atau berkumpul dalam jumlah besar - setidaknya pada awalnya.  Sampai saat kita mencapai kekebalan kelompok yang cukup besar, akan ada banyak dari mereka yang mungkin tidak diimunisasi, dan karenanya, dapat menularkan infeksi kepada orang lain.  Ingat, vaksin hanya akan bekerja untuk mencegah penyebaran virus di dalam tubuh, dan belum tentu mengurangi risiko penularan.

Bar, restoran tutup, dan tempat berisiko tinggi lainnya mungkin masih dibatasi untuk penggunaan umum.  Pada saat yang sama, vaksinasi dalam jumlah besar akan memungkinkan dibukanya kembali institusi seperti sekolah, perguruan tinggi dan perkantoran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro