Tenaga kesehatan di RSCM menjalani vaksinasi Covid-19, Kamis (14/1/2021)./Dok. Kementerian Kesehatan
Health

Kabar Baik, Pemerintah Rancang Aturan Program Vaksinasi Virus Corona Mandiri

Newswire
Kamis, 21 Januari 2021 - 14:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa pemerintah tengah menyiapkan regulasi terkait vaksinasi virus corona (Covid-19) secara mandiri.

Regulasi akan menentukan aturan main vaksinasi virus corona (Covid-19), mulai dari sektor-sektor industri atau perusahaan yang boleh melakukan vaksinasi mandiri terhadap karyawan hingga teknisnya. Airlangga menuturkan aturan tersebut akan mengatur hal-hal teknis lainnya seperti sumber vaksin.

"(Vaksinasi) itu akan diberikan kepada karyawan secara gratis juga. Beberapa hal yang berkaitan dengan teknis akan dipersiapkan, juga dan dimintakan sumber daripada vaksinnya berbeda dengan yang gratis," ujarnya saat telekonferensi pers dari Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Airlangga yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara mandiri ini untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat Indonesia. Dia mengatakan sumber vaksin untuk program mandiri akan berbeda dengan program vaksinasi gratis sebelumnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memberi sinyalemen mengenai kemungkinan dilaksanakannya vaksinasi Covid-19 secara mandiri.

"Banyak dari perusahaan, para pengusaha bertanya terkait rencana vaksinasi mandiri. Ini yang baru kita akan putuskan. Karena apa? Kita perlu mempercepat, perlu sebanyak-banyaknya, apalagi biaya ditanggung oleh perusahaan sendiri, kenapa tidak?" kata Presiden melalui telekonferensi video.

Presiden Jokowi juga mengemukakan bahwa mekanisme vaksinasi virus corona (Covid-19) secara mandiri harus dipersiapkan dengan baik. "Program vaksinasi harus dikelola dengan baik, mungkin bisa diberikan asal merek vaksinnya berbeda, untuk tempat vaksin juga berbeda bisa dilakukan," katanya.

Kini pemerintah Indonesia berencana melakukan vaksinasi bagi 181,5 juta penduduk. Pemberian vaksinasi ini bertujuan untuk meningkatkan  kekebalan komunal (herd immunity) terhadap virus corona (Covid-19).

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro