Seorang perawat bertugas di sebuah kendaraan pengujian di Johannesburg, Afrika Selatan./ Peneliti menemukan varian baru virus corona./Antara-Xinhua (Shiraaz Mohamed)
Health

Astaga, Peneliti Kembali Temukan Varian Baru Virus Corona di Afrika Selatan

Yudi Supriyanto
Sabtu, 23 Januari 2021 - 10:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Saat ini, virus corona baru atau Covid-19 telah bermutasi, dan tersebar di beberapa negara. Varian baru yang ditemukan di Afrika Selatan, yang disebut 501Y.V2, telah mengalami 23 mutasi jika dibandingkan dengan virus SARS-CoV-2 yang asli.

Dilansir dari The Conversation,  Willem Hanekom dan Tulio de Oliviera, University of KwaZulu-Natal menuliskan yang penting, dua puluh mutasi menyebabkan perubahan asam amino dan delapan terletak di protein lonjakan SARS-CoV-2 .

Ketika mutasi atau perubahan genetik bermanfaat bagi virus, maka mereka bertahan. Perubahan tersebut memungkinkan virus untuk bertahan lebih baik atau ditularkan dengan lebih efisien.

"Kami tahu bahwa varian serupa dengan banyak mutasi telah muncul secara independen di Inggris dan Brasil juga. Afrika Selatan memiliki kapasitas penelitian yang sangat baik untuk menemukan varian dan tim peneliti telah secara aktif mencari," katanya, Sabtu (23/1/2021).

Selanjutnya, konsorsium NGS-SA mengikuti petunjuk dari staf klinis di rumah sakit swasta di Teluk Nelson Mandela di provinsi Eastern Cape negara itu.

Dokter melihat kasus Covid-19 dalam jumlah tinggi yang tidak biasa. Ini mungkin menjelaskan mengapa varian ini diambil di sini begitu cepat.

Akhir tahun lalu, Network for Genomic Surveillance in South Africa (NGS-SA) yang dipimpin oleh KwaZulu-Natal Research Innovation and Sequencing Platform (KRISP) mengidentifikasi varian baru SARS-CoV-2 yang menyebar dengan cepat, virus yang menyebabkan COVID-19

Varian baru, yang disebut 501Y.V2, menimbulkan pertanyaan kritis - termasuk apakah vaksin dan perawatan saat ini masih akan efektif.

Virus secara klasik berubah terus menerus, sedikit demi sedikit. Virus yang diubah disebut “varian” dari virus asli; inti penting dari virus tetap sama. Perubahan kode genetik virus disebut mutasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro