Cemilan anak
Health

Bunda, Ini Kriteria Memilih Cemilan yang Baik untuk Anak

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cemilan merupakan elemen makanan yang tidak bisa dipisahkan dari asupan harian anak.

Berdasarkan studi, hampir semua anak Indonesia (97.7%) mengkonsumsi lebih banyak cemilan dan minuman kemasan dibandingkan sayuran dan buah-buahan.

Apalagi dengan banyaknya pilihan cemilan di pasaran, orang tua mengaku kesulitan membedakan cemilan yang baik atau tidak, serta menyediakan alternatif cemilan yang lebih baik, dengan rasa yang disukai anak-anak.

dokter spesialis anak, dr Attila Dewanti Sp.A(K) mengatakan kesadaran tentang pentingnya memilih cemilan yang baik sangat krusial, sebab jika salah pilih cemilan bisa memiliki berbagai akibat jangka panjang, seperti obesitas dan terganggunya daya tahan tubuh anak, terutama di masa pandemi sekarang ini.

Diperkirakan juga, katanya, bahwa 15-25% penyakit anak-anak disebabkan karena pola makan yang kurang tepat, termasuk cemilan.

"Selain itu, ketika anak-anak lebih banyak beraktivitas di rumah akibat pandemi, orang tua pun memiliki kesempatan emas untuk menumbuhkan kebiasaan baru, yakni memilih cemilan yang lebih baik,” jelas dokter spesialis anak, dr Attila Dewanti Sp.A(K).

Dia memaparkan ada beberapa kriteria cemilan baik yang bisa diberikan kepada anak. Misalnya, pilihlah cemilan dengan kadar gula, kalori, dan lemak yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak.

Dia menambahkan cemilan yang memiliki kandungan susu ataupun buah sangat baik untuk anak.

“Susu memiliki beragam manfaat bagi anak-anak, karena memiliki kandungan protein & kalsium yang menunjang pertumbuhan tulang anak secara optimal. Buah juga mengandung berbagai jenis vitamin yang dapat membantu tumbuhkembang anak dan sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI, balita & anak usia sekolah setidaknya mengkonsumsi cemilan 2-3 porsi setiap hari,” lanjut Attila.

Orang tua pun memiliki peran penting untuk memberikan contoh positif dalam memilih makanan & cemilan sehat pada anak. Seperti yang dilakukan Sophie Navita, presenter & ibu dari dua anak, ikut menyuarakan pentingnya menanamkan kebiasaan smart snacking kepada anak sejak dini.

“Saya percaya bahwa tugas utama dari orang tua bukan hanya memberikan yang terbaik, namun bagaimana kita bisa mewariskan kebiasaan baik bagi anak. Saya berupaya memberikan alasan setiap kali melarang atau memperbolehkan anak dalam memilih cemilan, dengan harapan kebiasaan ini akan tertanam dalam diri mereka hingga dewasa, dan diwariskan juga ke anak-cucu generasi berikutnya,” ungkap Sophie.

Menyadari pentingnya cemilan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari keseluruhan kombinasi makanan untuk mendukung asupan nutrisi seimbang anak, Paddle Pop, menerapkan standar cemilan es krim yang mengedepankan kandungan yang baik untuk anak, tentunya dengan rasa yang tetap enak & disukai oleh anak.

"Melalui komitmen #CemilanBaikUntukmu, semua es krim Paddle Pop dibuat khusus sesuai standar nutrisi tinggi dengan kebaikan susu & buah, serta membatasi tidak lebih dari kalori 110kkal, 12 g gula & 3 g lemak jenuh, untuk memenuhi asupan nutrisi sesuai kebutuhan anak. Standar ini telah mengikuti acuan dari dari World Health Organization (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI. Es krim Paddle Pop sebagai cemilan yang baik juga telah mendapatkan nomor ijin edar dari BPOM & halal sertifikat dari MUI," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro