Botol vaksin CoronaVac SARS-CoV-2 Sinovac ditampilkan di acara media di Beijing, China, pada 24 September. /Bloombergrn
Health

WHO Tinjau Penggunaan Darurat Vaksin Sinovac, Hasil Diumumkan Maret 2021

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 28 Januari 2021 - 20:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vaksin virus vorona yang dikembangkan oleh perusahaan China Sinovac dan Sinopharm sedang ditinjau untuk penggunaan darurat oleh Organisasi Kesehatan Dunia, WHO.

Tinjauan ini berpotensi membuka pintu untuk penerimaan internasional yang meningkat.

Badan PBB juga melakukan kontak dengan pengembang vaksin China lainnya, CanSino, yang suntikannya sedang menjalani uji coba fase 3, katanya.

Kelompok penasihat WHO membuat rekomendasi tentang apakah, bagaimana dan untuk siapa vaksin harus digunakan. Prosedur “daftar penggunaan darurat” memungkinkan penilaian vaksin dan perawatan yang tidak berlisensi untuk mempercepat persetujuannya oleh masing-masing negara atau yurisdiksi dalam keadaan darurat kesehatan masyarakat.

Keputusan tentang vaksin China kemungkinan baru keluar Maret, kata badan itu.

"Untuk Sinovac dan Sinopharm, proses [daftar penggunaan darurat] sedang diproses," kata Katherine O'Brien, direktur departemen imunisasi dan vaksin WHO, dalam konferensi pers video pada hari Selasa dilansir dari SCMP

"Mereka telah mengirimkan paket data dan data tersebut sedang ditinjau."

Sebuah tim yang dikirim ke China untuk mengevaluasi fasilitas manufaktur perusahaan itu masih dalam karantina, katanya.

“Penyampaian data merupakan komponen kritis,” ujarnya. “Kami tidak dapat, tentu saja, melakukan rekomendasi kebijakan apa pun tanpa memiliki akses penuh ke data.”

Badan kesehatan global mengatakan akan "menilai data kualitas, keamanan dan kemanjuran yang dihasilkan selama pengembangan dan melakukan penilaian risiko-manfaat untuk memutuskan apakah data tersebut dapat digunakan di luar uji klinis".

Proses tersebut membantu negara-negara anggota WHO dan badan pengadaan PBB untuk menentukan penerimaan vaksin.

Vaksin yang terbukti aman dan efektif dapat dipertimbangkan untuk Covax, inisiatif yang dipimpin WHO untuk distribusi inokulasi yang adil, menurut Seth Berkley, kepala eksekutif Gavi, Vaccine Alliance - kemitraan global publik-swasta yang turut memimpin Covax.

Ditanya tentang vaksin China dan Rusia, dia mengatakan pada konferensi pers WHO pada hari Sabtu: “Kami akan mempertimbangkan vaksin apa pun untuk dimasukkan ke dalam Covax dengan asumsi mereka menambah nilai pada portofolio, dengan asumsi bahwa ada data transparan tentang keamanan dan kemanjuran dan bahwa kami dapat datang dengan titik harga yang wajar dan alokasi pasokan yang masuk akal. "

China telah memberikan hampir 23 juta dosis vaksin Covid-19, menurut angka terbaru dari Komisi Kesehatan Nasional. Negara itu meluncurkan kampanye vaksinasi massal bulan ini karena bergulat dengan wabah virus korona baru. China melaporkan 75 kasus Covid-19 baru pada hari Rabu.

Ini bertujuan agar 50 juta orang diimunisasi sebelum liburan Tahun Baru Imlek pada pertengahan Februari, ketika diperkirakan 1,7 miliar perjalanan diharapkan dilakukan ketika orang-orang melintasi negara untuk melihat kerabat - sekitar 40 persen lebih sedikit dari biasanya setelah pihak berwenang mendesak. orang untuk tidak bepergian.

Vaksinasi China telah memprioritaskan staf imigrasi, pekerja transportasi internasional dan domestik, pekerja perawatan kesehatan, dan penyedia layanan publik. Ada rencana untuk menyuntik anak-anak dan orang tua

Komisi Kesehatan Nasional mengatakan telah meminta pihak berwenang setempat untuk memantau, melaporkan, dan mengobati reaksi merugikan setelah penyuntikan.

Dokumen WHO menunjukkan bahwa vaksin Sinopharm sedang dalam proses penilaian, sedangkan Sinovac menyerahkan data pada pertengahan Januari dan berkas informasi produknya diharapkan dapat mencapai WHO pada akhir bulan.

Vaksin yang dikembangkan oleh Sinopharm milik negara menjadi yang pertama disetujui di China ketika pihak berwenang memberikan persetujuan dengan syarat untuk peluncuran pasarnya pada 31 Desember. Vaksin tersebut telah terbukti aman dan 79 persen efektif dalam mencegah Covid-19, menurut untuk analisis sementara yang diumumkan oleh perusahaan.

Data uji coba fase akhir untuk vaksin Sinovac telah dirilis dengan cara yang membingungkan dan sedikit demi sedikit. Pada pertengahan Januari, lembaga penelitian Brasil yang melakukan uji klinis fase 3 mengatakan, tingkat kemanjurannya mencapai 50 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro