Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksin Novavax Efektif 89,3 Persen dalam Uji Klinis Tahap 3

Angka tersebut merupakan hasil dari uji klinis tahap 3 yang dilakukan di Inggris. Studi tersebut menilai kemanjuran selama periode dengan penularan tinggi dan dengan jenis virus varian Inggris baru yang muncul beberapa waktu terakhir.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 29 Januari 2021  |  15:19 WIB
Vaksin Novavax
Vaksin Novavax

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan pengembang vaksin Covid-19 asal Amerika Serikat, Novavax, mengumumkan bahwa vaksin buatannya efektif 89,3 persen untuk melindungi tubuh dari penyakit pandemi itu.

Angka tersebut merupakan hasil dari uji klinis tahap 3 yang dilakukan di Inggris. Studi tersebut menilai kemanjuran selama periode dengan penularan tinggi dan dengan jenis virus varian Inggris baru yang muncul beberapa waktu terakhir.

President dan CEO Novavax Stanley C Erck mengatakan dengan hasil dari uji klinis fase 3 di Inggris dan fase 2b di Afrika Selatan, perusahaan telah melaporkan data tentang vaksin Covid-19 yang melibatkan lebih dari 20.000 peserta.

"NVX-CoV2373 adalah vaksin pertama yang menunjukkan tidak hanya kemanjuran klinis yang tinggi terhadap Covid-19 tapi juga kemanjuran klinis yang signifikan terhadap varian Inggris dan Afrika Selatan," katanya seperti dikutip dari laman resmi Novavax, Jumat (29/1).

Dia melanjutkan bahwa vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan berpotensi memainkan peran penting dalam mengatasi krisis kesehatan masyarakat global. Mereka berharap dapat bekerja sama dengan berbagai pihak di seluruh dunia untuk menyediakan vaksin secepat mungkin.

NVX-CoV2373 berisi protein lonjakan prefusi lengkap yang dibuat menggunakan teknologi nanopartikel rekombinan Novavax dan bahan pembantu Matrix-M berbasis saponin milik perusahaan.

Protein yang dimurnikan dikodekan oleh urutan genetik protein SARS-CoV-2 dan diproduksi dalam sel serangga. Itu tidak dapat menyebabkan Covid-19 dan tidak dapat mereplikasi dirinya sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran.

Selain itu, vaksin dapat stabil pada suhu 2 hingga 8 derajat Celcius dan dikirim dalam formulasi cairan siap pakai, yang memungkinkan distribusi menggunakan saluran rantai pasokan vaksin yang ada.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Vaksin Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top