Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat untuk menerapkan 3M saat makan bersama dengan keluarga atau teman di tempat umum. - Foto: Tim Bisnis Indonesia
Health

Hati-Hati, Makan Bersama Bisa Tularkan Covid-19

Feni Freycinetia Fitriani
Senin, 1 Februari 2021 - 08:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hampir satu tahun Indonesia menghadapi situasi pandemi virus Corona atau Covid-19. Namun, jumlah warga dari berbagai provinsi yang tertular Covid-19 terus meningkat.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan penambahan kasus positif pada Sabtu (30/1/2021) mencapai 14.518 orang. Hal tersebut membuat jumlah kasus harian kembali memecahkan rekor. Hal itu membuat total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia mencapai 1.066.313 kasus.

Situasi pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga mereda. Meski sudah ada vaksin, warga tetap diminta untuk menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Penerapan protokol kesehatan memegang peran penting dalam penuntasan pandemi. Seperti diungkapkan oleh peneliti asal AS Anthony R. Fehr dan Stanley Perlman, virus Covid-19 berdiameter 125 nanometer atau 0,125 mikrometer serta bisa bertahan lebih dari 10 menit di permukaan, termasuk tangan.

Banyak kegiatan yang berpotensi menularkan virus Corona, salah satunya makan bersama. Makan bersama, apalagi dilakukan di tempat umum, membuat orang mau tak mau harus melepas masker kala menyantap kuliner. Hal itu bisa membuat droplet virus Corona bisa masuk melalui mulut atau hidung orang-orang yang berdekatan.

Bahkan, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meyakini dirinya terpapar Covid-19 saat makan. Itu sebabnya, Doni menyerukan kepada masyarakat untuk sementara menghindari acara makan bersama guna mencegah penularan.

“Karena saat makan kita pasti lepas masker dan celah penularan terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah tertular atau menulari. Untuk sementara, makan bisa sendiri atau terpisah dari orang lain, ” tutur Doni dalam keterangan resmi Satgas Penanganan Covid-19 beberapa waktu lalu.

Doni menuturkan selama seminggu memimpin langsung penanganan bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan ada beberapa momen harus melepas masker ketika makan bersama orang lain.

“Jadi saya yakin pada saat melepas masker dan makan itulah saya tertular," kata dia.

Lantas, apa yang harus dilakukan saat makan bersama agar tidak tertular Covid-19? Berikut lima hal yang patut Anda perhatikan ketika makan bersama keluarga atau kolega:

1. Sedikit Orang
Pastikan kapasitas yang terisi hanya 1/4 dari total kapasitas ruangan.

2. Outdoor
Pilihlah tempat makan dengan konsep ruangan terbuka (outdoor) agar sirkulasi udara lancar.

3. Jaga Jarak
Tetap menerapkan jarak minimal 1,5 meter ketika duduk bersebelahan dan 2 meter kala berhadapan dengan orang lain saat makan.

4. Jangan Berbicara
Meski sulit dilakukan, usahakan jangan berbicara dengan rekan ketika menyantap hidangan bersama. Jangan lupa tetap memakai masker saat bicara.

5. Batasi Waktu Makan
Usahakan makan tidak lebih dari 30 menit. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro