Petugas mendata sejumlah tenaga kesehatan (nakes) usai vaksinasi massal di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jakarta, Minggu (31/1/2021)./Antararnrn
Health

Vaksinasi Massal: Kemenkes Targetkan 1,5 Juta Nakes Disuntik Vaksin Covid-19

Mutiara Nabila
Senin, 1 Februari 2021 - 16:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sesuai rencana pemerintah, lebih dari 500.000 tenaga kesehatan (nakes) sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 setelah melakukan upaya vaksinasi massal. Kementerian Kesehatan (Kemenkes menargetkan 1,5 juta nakes mendapat layanan vaksinasi. 

Kemenkes menggelar vaksinasi massal di sejumlah kota, yaitu Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Semarang, Denpasar, dan Manado.

Vaksinasi massal yang diadakan di Yogyakarta pada Kamis (28/1/2021) diikuti oleh lebih dari 3.000 nakes dan diselenggarakan oleh RSUP Dr. Sardjito. Sementara itu, kegiatan yang sama digelar di lima wilayah di Jakarta pada Minggu (31/1/2021) menargetkan 1.000 nakes.

Pada Minggu, Kemenkes bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kota Surabaya menggelar vaksinasi serentak di Gedung Graha YKP dan diikuti 4.250 nakes dan 146 tenaga vaksinator. Di saat yang sama, sebanyak 63 Puskesmas di Kota Surabaya juga memberikan pelayanan vaksinasi dengan target sasaran sebanyak 3.150 orang sehingga menjadikan total peserta vaksinasi sekitar 7.000 orang.

"Antusiasme lebih dari lima ratus ribu tenaga kesehatan, termasuk yang telah mengikuti kegiatan vaksinasi massal, menunjukkan respons yang sangat positif dari para nakes dalam mendukung program vaksinasi ini,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi melalui keterangan tertulis, Senin (1/2/2021).

Nadia menuturkan ada beberapa kendala teknis yang sempat muncul di awal periode. Namun, hal itu tidak menyurutkan optimisme mereka terhadap keamanan dan manfaat pemberian vaksin untuk perlindungan terhadap Covid-19.

Melihat jumlah tenaga kesehatan yang telah ikut serta dalam program vaksinasi hingga minggu kedua ini, pemerintah optimistis target 1,5 juta tenaga kesehatan dapat tercapai paling lambat akhir Februari sesuai target.

Berdasarkan laporan dari Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), semua reaksi dari penerima vaksinasi masih bersifat ringan dan tidak ada yang serius hingga saat ini. 

Lebih lanjut, Nadia menjelaskan bahwa pentahapan dalam pemberian vaksin Covid-19 dilakukan dengan memperhatikan peta jalan (roadmap) organisasi kesehatan dunia (WHO) dan Strategic Advisory Group of Experts on Immunization (SAGE).

"Setelah nakes, sasaran vaksinasi Covid-19 selanjutnya adalah para petugas pelayanan publik dan kelompok usia lanjut ≥ 60 tahun," ujar Nadia.

Kegiatan vaksinasi massal akan berlangsung di kota-kota lain dengan jadwal sebagai berikut:

1. Makassar akan berlangsung 2 Februari 2021 di bawah koordinasi RS Wahidin;

2. Semarang akan berlangsung pada 2 Februari 2021 di bawah koordinasi RSUP Dr. Kariadi;

3. Bandung akan berlangsung pada 3 Februari 2021 di bawah koordinasi RS Hasan Sadikin;

4. Denpasar akan berlangsung pada 4 Februari 2021 di bawah koordinasi RSUP Sanglah;

5. Manado akan berlangsung pada 5 Februari 2021 di bawah koordinasi RSUP Kandou.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro