Ilustrasi/ugandacancersociety.org
Health

6 Jenis Kanker yang Umum Menyerang Anak

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 5 Februari 2021 - 06:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker adalah salah satu penyakit tidak menular yang tumbuh paling cepat dan tidak luput menyerang anak kecil.

Namun, jenis kanker yang menyerang anak-anak berbeda dengan yang menyerang orang dewasa. Tidak seperti gaya hidup atau faktor lingkungan, ini adalah perubahan DNA awal yang diketahui menyebabkan kanker pada anak-anak.

Preferensi kanker pada anak juga meningkat setiap tahun. Di India, diperkirakan hampir 50,0000-60,0000 anak-anak didiagnosis dengan penyakit ini dan masih banyak lagi anak-anak yang tidak terdiagnosis, atau tidak dapat mencari perawatan kanker pada waktunya. Angka tersebut diperkirakan akan meningkat di tahun-tahun mendatang, karena banyak faktor.
Namun, kanker, seperti pada orang dewasa, tetap merupakan penyakit yang dapat ditangani atau diobati dengan baik jika didiagnosis tepat waktu.

Pada Hari Kanker Dunia, Dr Satya Prakash Yadav, Direktur - Hemato Onkologi Pediatrik & Transplantasi Sumsum Tulang Medis dan Hemato-Onkologi, Institut Kanker, memaparkan tentang kanker anak, penyebabnya, gejala awal, dan pencegahannya.

Apakah kanker anak dapat disembuhkan?

Kanker anak, meskipun menakutkan, sangat bisa diobati jika didiagnosis dengan baik dan tepat waktu. Hampir 80% kanker anak-anak dapat disembuhkan secara alami. Anak-anak dapat terus hidup bebas kanker, lebih mudah, panjang umur jika kasus terdeteksi sejak dini. Salah satu alasan paling umum mengapa banyak anak tidak terdiagnosis dengan baik adalah kurangnya kesadaran tentang tanda dan gejala. Beberapa gejala kanker anak juga berbeda, dari kanker dewasa.

Karena itu, berikut adalah 5 bentuk kanker paling umum yang terlihat pada anak-anak

1. Kanker darah, atau leukemia

Menurut Dr SP Yadav, hampir 30% anak-anak penderita kanker menderita leukemia, yang diklasifikasikan sebagai kelainan sumsum tulang ketika, alih-alih menghasilkan darah, sel darah putih yang tidak diinginkan, atau limfoblas dibuat di dalam tubuh.

Leukemia dapat muncul dalam dua cara- Leukemia Limfoblastik Akut (ALL) atau Leukemia Myeloid Akut (LMA), yang keduanya dapat dengan mudah diobati jika diagnosis dibuat tepat waktu.

Tanda dan gejala leukemia bisa berupa infeksi, perubahan tampilan kulit, yang disebabkan oleh produksi sel darah putih yang tidak normal. Sebagai orang tua, pertimbangkan untuk mencari bantuan jika Anda melihat tanda-tanda masalah berikut:

-Pucat (Kulit Putih / Kuning)
Kekebalan -Frail
-Demam berulang
-Anemia
- Kelesuan, kebodohan
- Perdarahan profil tinggi, jumlah trombosit rendah.
Nyeri tulang, pegal, sendi bengkak

Beberapa tanda leukemia lain yang kurang umum dapat berupa muntah, mual, mata juling, sakit kepala. Tes sumsum tulang, yang dapat mendeteksi keberadaan kanker ganas dapat membantu mendiagnosis kanker darah.

2. Tumor otak

Bentuk kanker kedua yang paling sering terlihat adalah tumor otak, terlihat pada lebih dari 20% kasus. Gejala dan tanda tumor otak bervariasi tergantung pada lokasi tumor yang ada, atau penyebaran cairan serebrospinal, yang menyebabkan masalah.

Sakit kepala tetap menjadi salah satu tanda infeksi yang paling khas. Beberapa anak juga menderita mual kronis yang terus-menerus - terutama di pagi hari, yang seharusnya menjadi tanda kekhawatiran lain yang harus diperhatikan orang tua.

Jika tumor terletak di dekat pusat bicara, maka anak bisa kehilangan penglihatan bicara atau bisa lumpuh dll. Masalah penglihatan, mata juling juga bisa dialami.

3. Limfoma

Limfoma atau kanker kelenjar getah bening adalah jenis kanker lain yang biasa terlihat pada anak-anak. Ini sebagian besar terlihat sebagai pembengkakan atau benjolan di leher atau bagian tubuh lainnya. Walaupun kanker sangat bisa diobati, perlu dicatat bahwa diagnosis dini adalah faktor kunci.

Tanda-tanda limfoma lainnya bisa berupa muntah, pembengkakan di perut, kesulitan buang air besar atau sakit usus. Limfoma juga dapat menyebabkan struktur seperti massa yang menonjol di perut, yang dapat menimbulkan masalah.

4. Neuroblastoma

Jenis kanker umum lainnya yang menyerang anak-anak adalah neuroblastoma. Menurut Dr Yadav, neuroblastoma adalah bentuk kanker paling umum yang terlihat pada anak-anak berusia di bawah 5 tahun.

Gejala neuroblastoma bisa berbeda-beda berdasarkan lokasinya tetapi biasanya hadir dalam bentuk massa keras yang bisa terbentuk di perut. Jadi, jika anak merasa mudah tersinggung, memiliki tekanan darah tinggi yang tidak biasa untuk anak seusianya, mengalami gangguan pencernaan, terlihat dengan mata melotot, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan bantuan. Ini adalah tanda neuroblastoma yang paling umum. Rujukan awal dapat membantu mengatasi masalah pada waktunya.

5. Tumor Wilm

Tumor Wilm atau kanker ginjal adalah kanker lain yang biasa terlihat pada anak-anak. Itu juga sesuatu yang diambil secara tidak biasa dan tidak memiliki tanda-tanda khas. Pertimbangkan untuk mendapatkan pendapat dokter jika anak Anda mengeluarkan darah melalui urin atau tinja.

6. Retinoblastoma

Retinoblastoma, yang merupakan jenis kanker umum lainnya yang menyerang anak-anak, tetapi tidak seperti kanker lainnya, kanker dapat dideteksi dengan lebih mudah. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengklik foto anak Anda menggunakan flash- jika anak memiliki refleks putih di foto dan melihat sesuatu yang tidak normal, biasanya hal itu dianggap sebagai tanda kanker.

Retinoblastoma juga bisa diperbaiki dengan cepat dan sangat bisa diobati. Bagaimanapun, diagnosis dini penting. Jika tumor di mata mulai menyebar, dapat menyebabkan komplikasi dan perawatan lengkap mungkin sulit dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro