Bekerja di rumah (WFH) di atas kasur bisa mengganggu kesehatan tulang punggung./Ilustrasi/Softpedia
Relationship

6 Kesalahan Saat WFH Selama Pandemi Virus Corona

Novita Sari Simamora
Senin, 8 Februari 2021 - 07:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bekerja dari rumah (WFH) selama pandemi virus corona menjadi keharusan bagi masyarakat. WFH juga memberikan pengaruh pada produktivitas kerja.

Mengutip dari Times of India, Senin (8/2/2021), banyak sekali karyawan yang melakukan kesalahan saat WFH. Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di rumah selam WFH:

1. Jangan bekerja dari tempat tidur atau sofa Anda

Saat bekerja dari rumah, Anda bisa bekerja dengan sangat nyaman sambil menikmati kehangatan rumah. Sebagian orang banyak memilih untuk bekerja dari tempat tidur atau sofa dengan menggunakan laptop.

Padahal bekerja di atas tempat tidur dan sofa bisa berbahaya bagi bagi kesehatan fisik dan mental mereka dan memengaruhi postur tubuh. Belilah meja dan kursi sederhana untuk menghindari bekerja di tempat tidur atau sofa.

2. Jangan lupa untuk berkomunikasi dengan tim Anda

WFH bisa sangat melelahkan. Karena komunikasi yang kurang lancar dapat terjadi. Bekerja jarak jauh meningkatkan kemungkinan miskomunikasi dan karyawan mungkin juga merasa diabaikan.

Manajer tim harus memastikan ada komunikasi yang memadai melalui pesan teks, panggilan audio atau video untuk mengetahui tugas, status proyek, produktivitas kerja karyawan dan jika mereka menghadapi masalah, dll. 

3. Jangan lupa untuk membuat batasan

Selalu ada gangguan lain di rumah saat bekerja dari jarak jauh. Oleh karena itu, penting untuk mempertahankan struktur kerja bahkan di rumah Anda, yaitu membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan.

Tetapkanlah batasan berinteraksi saat Anda berada di tengah jam kerja. Ini membantu Anda tetap fokus pada pekerjaan Anda dan tidak terganggu oleh hal-hal lain di rumah Anda.

4. Jangan mengabaikan kesehatan Anda

Saat WFH, Anda akan bisa saja merasakan sakit punggung yang konstan, mati rasa di kaki Anda dan banyak lagi. Tidak heran, beberapa bahkan lupa makan siang! Ini sangat penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan Anda saat bekerja karena itu harus selalu menjadi prioritas pertama Anda terlepas dari tekanan di tempat kerja.

5. Jangan lupa untuk meningkatkan keterampilan Anda secara keseluruhan

WFH bisa menjadi waktu untuk meningkatkan keterampilan komunikasi tertulis dan verbal Anda. Setelah berkomunikasi dengan pesan teks dan telepon, Anda juga harus dapat mengembangkan nada suara dan kesadaran tentang suasana hati karyawan - jika mereka merasa stres rendah.

Singkatnya, jangan anggap remeh waktu ini dan hanya mengerjakan proyek yang ditugaskan, tetapi juga tingkatkan keterampilan Anda secara keseluruhan yang diperlukan untuk kerja jarak jauh.

6. Tidak memakai piyama saat bekerja

Orang yang paling produktif dan sukses tidak pernah memakai piyama saat bekerja saat WFH. Pakailah setelan kerja biasa untuk menciptakan tampilan yang segar.

Meskipun banyak yang merasa sangat sulit untuk mengikuti rutinitas ini, bagaimanapun juga seseorang harus berusaha untuk mencapai penampilan yang rapi saat bekerja di rumah. Ini untuk menciptakan suasana kantor yang sama, meskipun sedang di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro