Milk chocolate
Health

8 Manfaat Makan Cokelat untuk Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 9 Februari 2021 - 14:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejak kecil, kita telah diberitahu bahwa coklat buruk bagi kesehatan.

Cokelat dikaitkan bisa memicu jerawat, obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit arteri koroner, kerusakan gigi dan diabetes, yang seringkali membuat kita berpikir dua kali sebelum memakannya. Terlepas dari reputasinya yang buruk, cokelat juga punya manfaat untuk kesehatan.

Cokelat terbuat dari biji pohon kakao Theobroma tropis dan merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik di planet ini. Berbagai penelitian yang dilakukan sampai saat ini menjamin manfaat kesehatan dari biji kakao, yang mengandung senyawa fenolik aktif secara biologis. Kami akan memberi tahu Anda 8 manfaat kesehatan dari makan cokelat, jadi lain kali Anda dapat menikmati suguhan Anda tanpa rasa bersalah. 

Berikut 8 manfaat cokelat untuk kesehatan seperti dilansir dari Times of India:

1. Bergizi

Cokelat sangat bergizi, terutama cokelat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi. Itu sarat dengan mineral dan mengandung cukup banyak serat larut. Faktanya, coklat hitam adalah salah satu sumber seng terbaik, nutrisi yang bertanggung jawab untuk mengaktifkan sekitar 300 enzim dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme. Selain itu coklat juga kaya akan zat besi, magnesium, tembaga, mangan, kalium, fosfor dan selenium. Tetapi harus dikonsumsi dalam jumlah sedang karena adanya lemak jenuh dan tak jenuh tunggal.

2. Dapat menurunkan tekanan darah

Kandungan flavanol pada coklat dapat merangsang endotel, lapisan pembuluh darah arteri. Ini, pada gilirannya, mengarah pada produksi oksida nitrat, senyawa yang bertanggung jawab mengirim sinyal ke arteri untuk rileks, yang menurunkan resistensi terhadap aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

3. Dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke

Tidak hanya tekanan darah, kakao juga memiliki khasiat untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Ini dapat membantu mengurangi tingkat LDL atau kolesterol jahat dalam darah, yang merupakan salah satu faktor penyebab stroke dan penyakit jantung. Dua penelitian di Swedia menegaskan bahwa mengonsumsi 19 hingga 30 gram cokelat per hari dapat menurunkan tingkat gagal jantung. Namun, manfaatnya tidak meningkat bila orang mengonsumsi cokelat dalam jumlah tinggi

4. Dapat meredakan peradangan

Peradangan kronis dan berkepanjangan dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa penyakit kronis. Cara mudah untuk mengurangi peradangan adalah dengan mengonsumsi coklat. Kakao memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu menangkal penyakit kronis dan membuat Anda tetap sehat. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kakao dapat mengatur komposisi bakteri di usus, yang dapat memicu respon anti inflamasi ini.

5. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Tidak hanya untuk kesehatan Anda, tetapi coklat juga baik untuk kulit Anda. Senyawa bioaktif yang ditemukan dalam cokelat dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit, dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Faktanya, anggapan umum bahwa coklat menyebabkan jerawat juga tidak tepat.

6. Dapat meningkatkan fungsi otak

Jika Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan fungsi kognitif Anda, maka jadikanlah cokelat sebagai sahabat Anda. Kandungan flavanol dalam coklat telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak. Sesuai penelitian yang dilakukan pada individu sehat, mengonsumsi cokelat selama lima hari berturut-turut dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Ini mungkin lebih bermanfaat bagi orang tua yang menghadapi gangguan mental. Studi menunjukkan bahwa kakao dapat bermanfaat dalam kasus penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

7. Dapat meningkatkan mood

Kita semua mendambakan cokelat ketika mengalami hari yang buruk dan ada alasan ilmiah di baliknya. Cokelat mengatur hormon serotonin dan dopamin yang membuat Anda merasa nyaman. Hormon-hormon ini bisa mengangkat mood dan membuat Anda merasa energik. Menurut review dari delapan studi coklat yang diterbitkan dalam Journal Nutrition Reviews, makan coklat dapat membantu meningkatkan mood Anda dan meningkatkan kognisi Anda, berkat flavonol yang kuat di dalamnya. Ini mungkin juga membantu orang yang menderita depresi.

8. Dapat memperbaiki gejala diabetes tipe 2

Gula dan diabetes tidak cocok satu sama lain, tetapi cokelat berbeda. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah sedang dapat membantu mengurangi gejala diabetes tipe 2. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan flavonoid yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko penyakit ini sejak awal. Selain itu, kakao kaya flavanol dapat menurunkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar gula darah, dan mengurangi peradangan pada penderita diabetes dan nondiabetes.

Mesti diingat, cokelat tidak boleh makan lebih dari 30 sampai 60 gram coklat dalam sehari. Mengkonsumsi terlalu banyak cokelat akan meningkatkan jumlah kalori harian Anda yang menyebabkan penambahan berat badan dan masalah lainnya. Sebatang coklat hitam seberat 40 gram mengandung 190 kalori.

Menjelang hari valentine, cokelat menjadi makanan yang paling banyak diberikan pada pasangan sebagai ungkapan cinta.

Dalam rangka Hari Kasih Sayang 2021, melanjutkan kampanye #BanyakMaknaCinta Silverqueen membagikan puluhan ribu batang cokelat kepada para pasien Covid dan tenaga medis di Wisma Atlet, serta mitra driver Gojek yang telah banyak mendukung ketika harus #DiRumahAja.

Selain itu, SilverQueen juga akan bekerja sama dengan beberapa KOL dan mitra strategis, untuk memberikan cokelat SilverQueen dengan kemasan khusus bertuliskan #GiveLove, #GiveJoy dan #GiveHug kepada orang bermakna di sekitar mereka dan mengajak orang lain untuk melakukan hal yang sama.

"Kami ingin mendorong orang untuk mengungkapkan perasaan tidak hanya kepada pasangan, tetapi juga kepada keluarga, teman, orang-orang terdekat, maupun orang-orang yang sudah membantu selama ini, karena cinta itu luas dan memiliki banyak makna dengan mengirimkan sesuatu yang spesial, seperti coklat. Masyarakat juga dapat menuliskan pesan mereka sendiri melalui microsite dan mengirimkan paket personal ini kepada yang tersayang. Kini, mengungkapkan perasaan dapat dilakukan dengan cara yang unik dan menyenangkan, bukan hanya kepada pasangan, tetapi juga ke orang-orang lain yang mendukung hidup kita," ujar Marketing and Innovation Manager PT CERES, Ivonne Adelina Dewi dalam keterangan tertulisnya.

Dalam kampanye #BanyakMaknaCinta, SilverQueen juga berkolaborasi dengan beberapa Youtuber dan Influencer muda seperti Fadil Jaidi, Jerome Polin, Jessica Jane, Anya Geraldine, Misell, untuk mengungkapkan perasaan mereka kepada orang yang tersayang dan mengajak masyarakat melakukan hal yang sama dengan apa yang mereka lakukan.

YouTuber dan Influencer, Fadil Jaidi mengatakan, selama pandemi dan #DiRumahAja, akhirnya membuat konten video blog berisi kegiatan sehari-hari di rumah bersama keluarga

"Biasanya saya suka membuat konten video saat saya sedang bercanda dengan Papa yang akrab dipanggil Pak Muh oleh netizen. Tidak jarang saya isengin papa, karena memang keseharian saya dan keluarga seperti itu. Kali ini di hari kasih sayang saya ingin memberikan sesuatu yang spesial untuk Papa, sebagai ungkapan cinta saya untuk Papa. Saya juga ingin menginspirasi orang lain bahwa perasaan cinta itu penting diungkapkan bukan hanya kepada pasangan, tetapi bisa juga kepada keluarga, agar orang-orang disekitar kita merasa spesial dan dicintai.” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro