Vaksin Oxford dan AstraZeneca
Health

Virus Corona Bermutasi, Covax : Efektivitas Vaksin Perlu Studi Tambahan

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 10 Februari 2021 - 10:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Munculnya varian SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, berfungsi sebagai pengingat yang kuat bahwa virus pada dasarnya bermutasi, dan bahwa tanggapan ilmiah mungkin perlu beradaptasi jika ingin tetap efektif melawannya.

Mengingat berita terbaru mengenai data awal tentang efektivitas minimal vaksin AstraZeneca / Oxford dalam mencegah penyakit COVID-19 ringan hingga sedang yang disebabkan oleh varian virus B.1.351, penting untuk dicatat bahwa analisis primer data dari Tahap III percobaan sejauh ini menunjukkan - dalam konteks pengaturan virus tanpa varian ini bahwa vaksin AstraZeneca / Oxford menawarkan perlindungan terhadap penyakit parah, rawat inap dan kematian.

Artinya, sekarang sangat penting untuk menentukan keefektifan vaksin dalam hal mencegah penyakit yang lebih parah yang disebabkan oleh varian B.1.351.

"Studi tambahan juga akan memungkinkan kami untuk memastikan jadwal vaksinasi yang optimal dan dampaknya terhadap kemanjuran vaksin," demikian pernyataan COVAX dilansir dari laman resmi WHO.

 CEPI telah mengumumkan pendanaan untuk penelitian klinis tambahan guna mengoptimalkan dan memperluas penggunaan vaksin yang ada, yang dapat mencakup penelitian "campuran dan cocokkan" dari berbagai vaksin yang digunakan dalam kombinasi yang dapat meningkatkan kualitas dan kekuatan tanggapan kekebalan.

Studi semacam itu dapat berguna dalam mengoptimalkan penggunaan vaksin yang tersedia, termasuk vaksin AstraZeneca / Oxford.

Kelompok Penasihat Strategis WHO untuk Ahli Imunisasi (SAGE) juga meninjau bukti tentang vaksin AstraZeneca / Oxford, termasuk bukti yang muncul tentang kinerja terhadap varian virus, dan untuk mempertimbangkan dampak yang ditunjukkan dari produk dan penilaian risiko-manfaat untuk digunakan. kasus dengan data terbatas.

Rekomendasi untuk penggunaan produk AstraZeneca ini sedang diselesaikan dan akan disampaikan kepada Direktur Jenderal WHO pada 9 Feb 2021.

Meskipun berita terbaru tentang keefektifan vaksin AstraZeneca / Oxford terhadap varian B.1.351 didasarkan pada ukuran studi terbatas yang berfokus pada peserta berisiko rendah dan menggunakan dosis interval yang tidak dioptimalkan untuk imunogenisitas, hasil ini menegaskan bahwa kita harus melakukan segala kemungkinan untuk mengurangi peredaran virus, mencegah infeksi dan mengurangi peluang berkembangnya SARS-CoV-2 yang mengakibatkan mutasi yang dapat mengurangi keampuhan vaksin yang ada. Ini berarti tambahan:

Produsen juga harus siap untuk menyesuaikan diri dengan evolusi virus SARS-CoV-2, termasuk kemungkinan menyediakan suntikan penguat di masa depan dan vaksin yang disesuaikan, jika diperlukan secara ilmiah.

Uji coba harus dirancang dan dipelihara untuk memungkinkan penilaian setiap perubahan kemanjuran, dan memiliki skala dan keragaman yang memadai untuk memungkinkan interpretasi hasil yang jelas.

Surveilans genom yang ditingkatkan harus didukung oleh pembagian cepat genetik dan meta-data untuk memungkinkan koordinasi dan respons global.

Prioritas harus diberikan untuk memvaksinasi kelompok berisiko tinggi di mana pun untuk memastikan perlindungan global maksimum terhadap galur baru dan meminimalkan risiko penularan.

Pemerintah dan donor, serta bank pembangunan, harus lebih mendukung COVAX untuk memastikan akses dan pengiriman yang adil, serta memenuhi biaya penelitian dan pengembangan berkelanjutan untuk vaksin generasi berikutnya.

WHO sedang menyempurnakan mekanisme yang ada untuk melacak dan mengevaluasi varian yang dapat mempengaruhi komposisi vaksin dan memperluas mekanisme tersebut untuk memberikan panduan kepada produsen dan negara tentang perubahan yang mungkin diperlukan untuk vaksin.

COVAX didirikan untuk memastikan akses global yang adil ke vaksin COVID-19 yang aman dan efektif. Dengan portofolio kandidat vaksin COVID-19 terbesar yang dikelola secara aktif di dunia, Fasilitas COVAX menawarkan peserta swadana dan mereka yang memenuhi syarat untuk mendapatkan dukungan melalui akses Komitmen Pasar Lanjutan Gavi COVAX ke beragam kandidat vaksin, cocok untuk berbagai konteks dan pengaturan. Kemampuan untuk menyebarkan vaksin secara global untuk mengatasi pandemi yang berkembang menjadi lebih penting dari sebelumnya, begitu pula pentingnya koordinasi untuk memastikan kita tidak membahayakan dampak dan nilai vaksin. Jika vaksin baru diperlukan, memastikan akses global ke vaksin ini bahkan lebih penting, karena kami terus melihat bahwa kita semua aman hanya jika semua orang aman.

Berkenaan dengan vaksin AstraZeneca / Oxford, COVAX telah menandatangani perjanjian pembelian di muka dengan AstraZeneca dan Serum Institute of India dan telah menerbitkan rencana untuk mendistribusikan hampir 350 juta dosis pada paruh pertama tahun ini. Kami mengharapkan keputusan bulan ini dari WHO tentang apakah vaksin akan diberikan daftar penggunaan darurat (EUL) serta rekomendasi SAGE tentang penggunaan yang optimal. Jika EUL tersedia, kami berharap vaksin tersebut memainkan peran kunci dalam upaya kami untuk melindungi orang-orang yang berisiko tinggi dan membantu mengakhiri fase akut pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro