Rambut rontok/huffingtonpost
Health

Perhatikan 2 Jenis Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Desyinta Nuraini
Rabu, 10 Februari 2021 - 16:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rambut rontok kerap menjadi masalah umum yang dihadapi para wanita kaum urban.

Namun apakah Anda tahu bahwa isu rambut rontok terbagi menjadi dua kategori, yaitu hair fall dan hair loss?

Senior Education Manager Kérastase Indonesia Sitoresmi mengatakan hair fall terjadi jika helai rambut lepas pada saat proses keramas, ketika disisir, atau dikeringkan dengan handuk. Sedangkan hair loss terjadi apabila helai rambut banyak ditemukan lepas di bantal ketika bangun tidur.

Dia menyebut banyak faktor internal dan eksternal yang dapat mempercepat kerontokan rambut. Dijelaskannya hair fall merupakan manifestasi dari pikiran (internal) dan lingkungan sekitar (eksternal).

"Hal-hal seperti stres akut, perubahan hormonal, dan pola diet ekstrem adalah faktor internal yang menentukan kesehatan akar rambut," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (10/2/2021).

Kemudian, lingkungan udara panas dan berpolusi tinggi, serta kebiasaan menata rambut dengan alat hair-styling panas menjadi faktor eksternal yang sudah sangat sering dirasakan oleh wanita urban yang dinamis dan ambisius. Sementara kondisi hair loss adalah hasil dari pengerasan kolagen yang terjadi pada lapisan kulit kepala.

Terkait hair fall, kata Sitoresmi ada tiga langkah sederhana yang dapat langsung dipraktekkan untuk mengurangi jumlah rambut yang rontok.

Pertama, atur pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat, kaya nutrisi dan bergizi seimbang untuk mendapatkan akar rambut yang kuat dan mencegah kerontokan rambut diluar siklus normalnya. Makanan seperti daging, ikan, kacang-kacangan, buah, dan sayuran hijau, penting untuk dimasukkan ke dalam agenda santapan sehari-hari.

Untuk melengkapi pertumbuhan rambut, pertimbangkan untuk mengonsumsi multivitamin, seperti biotin, vitamin D, A & B, serta beta-karoten.

Kedua, hindari stres karena stres mengganggu siklus pertumbuhan rambut. Manjakan diri dengan olahraga teratur, meditasi, yoga, serta ke salon favorit untuk perawatan diri.

Ketiga yakni melakukan perawatan kulit kepala dan batang rambut dengan produk yang tepat secara rutin di salon dan di rumah. Dia menyarankan agar selalu menggunakan produk perlindungan alat hair-styling panas sebelum melakukan penataan rambut (blow-dry, curly, catok).

"Tambahkan rangkaian perawatan rambut dengan conditioner, masker dan serum untuk hasil rambut terbaik," pungkas Seratomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro