Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersepeda bersama para pejabat pemerintah sambil mengajak warga memakai masker/Antara-Zumrotun Solichah
Fashion

Tips Bersepeda di Masa Pandemi Sesuai dengan Protokol Kesehatan

Andhika Anggoro Wening
Jumat, 19 Februari 2021 - 11:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi global Covid-19 menyebabkan perubahan signifikan dalam gaya hidup masyarakat.

Bersepeda selain untuk kebugaran tubuh dan meningkatkan imun tubuh di masa pandemi juga menjadi salah satu tren olahraga yang semakin meningkat popularitasnya di kalangan masyarakat.

Namun, seiring meningkatnya minat bersepeda, hal ini perlu diimbangi dengan peningkatan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan keselamatan jalan. Berikut

1. Periksa kelengkapan sepeda

Periksa kondisi fisik sepeda sebelum memulai berkendara. Pastikan seluruh bagian sepeda seperti rem, ban, dan rantai sepeda berada dalam kondisi yang prima untuk menghindari insiden tak terduga.

2. Ikuti protokol kesehatan Covid-19

Sesuai dengan arahan pemerintah, setiap orang wajib menerapkan 3M dengan menggunakan masker pernapasan dianjurkan pada saat berolahraga, di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Pastikan juga untuk tetap menjaga jarak aman dari orang lain dan jangan lupa untuk membawa botol kecil hand-sanitizer atau mencuci tangan memakai sabun serta air mengalir.

Setelah selesai berolahraga wajib mandi untuk mengantisipasi virus yang menempel di pakaian. Selain itu konsumsi makanan dan vitamin untuk mengembalikan tenaga yang terpakai selama bersepeda.

3. Gunakan pakaian yang nyaman

Perubahan cuaca bisa tidak mudah untuk diprediksi. Tambahan lapisan pakaian merupakan salah satu cara yang baik untuk menurunkan atau meningkatkan suhu tubuh dengan cepat. Selain pakaian yang nyaman, Anda juga perlu memilih pakaian olahraga yang dapat membuat Anda tetap aman. Apalagi jika Anda bersepeda di malam hari dalam kondisi yang minim cahaya, sangat disarankan untuk dapat tetap terlihat oleh pengguna jalan lainnya. Salah satu pilihan lainnya yakni memakai pakaian atau sepatu yang memiliki bahan reflektif.

4. Utamakan keselamatan

Jangan lupa untuk mengenakan helm pelindung kepala, sarung tangan untuk melindungi tangan dan pegangan, serta bantalan siku dan lutut. Penting juga untuk mempelajari dan mematuhi rambu dan peraturan lalu lintas saat Anda berada di jalan raya.

5. Identitas diri

Penting untuk selalu membawa beberapa bentuk identitas diri pada saat Anda sedang bepergian. Hal ini sangat lebih penting jika Anda memiliki kondisi medis atau alergi khusus. Simpan KTP Anda dan, sejumlah uang tunai atau kartu bank di tas dengan aman yang dapat dijangkau dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan kartu dari dompet Anda setiap kali bersepeda.

6. Pertahankan energi dan tetap terhidrasi

Alih-alih mengandalkan kedai makanan atau kafe, ada baiknya Anda mempersiapkan sesuatu untuk dimakan jika lapar. Bawalah camilan sebagai sumber tenaga dan sebotol air untuk menjaga agar tetap terhidrasi.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro