Ilustrari pernikahan/Istimewa
Relationship

5 Cara Atasi Kecemasan Menjelang Pernikahan

Desyinta Nuraini
Sabtu, 27 Februari 2021 - 08:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tak sedikit pasangan yang bertengkar dan berselisih paham menjelang hari pernikahan mereka. Gelisah mempersiapkan segala hal atau khawatir hari penting itu tidak berjalan mulus seperti harapan mungkin menjadi salah satu penyebabnya.

Kegelisahan dalam pernikahan menimbulkan perasaan cemas dan ragu. Namun merasa sangat gugup sebelum pernikahan bukanlah hal yang aneh, tetapi itu cukup normal.

Melansir Times of India, Jumat (26/2/2021), berikut cara sederhana untuk menangani kegelisahan pranikah :

1. Akui itu kegelisahanmu

Tidak ada gunanya menyangkal perasaan Anda. Anda harus mengenalinya sehingga Anda dapat menerima kenyataan dari situasinya. Jadi, buka pikiran Anda, jujurlah pada diri sendiri dan terima keraguan yang Anda miliki untuk menyelesaikannya dengan cara yang dewasa.

2. Rutin perawatan diri

Berinvestasilah pada kecantikan atau rutinitas perawatan kulit yang membantu Anda rileks pada saat stres. Rutinitas perawatan diri seperti itu dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan psikologis.

Jika Anda perlu istirahat dari perencanaan pernikahan, luangkan satu hari atau lebih, dan rawat diri Anda sendiri. Tonton beberapa serial film yang bagus, masak makanan yang enak atau sekadar berolahraga untuk merasa segar dan aktif.

3. Metode relaksasi

Teknik meditasi seperti yoga, pernapasan dalam, relaksasi otot, dan lainnya adalah cara yang bagus untuk meredakan ketegangan itu dari bahu Anda. Dengan cara ini, Anda dapat merilekskan pikiran dan tubuh Anda serta tidak memikirkan kecemasan pernikahan selama beberapa waktu.

Ini selanjutnya akan mengurangi tingkat stres Anda secara keseluruhan, yang mungkin menjadi penyebab utama kegelisahan pranikah Anda.

4. Habiskan waktu dengan orang-orang terdekat Anda

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengelilingi diri dengan teman dan keluarga terdekat selama ini. Anda tidak harus menghadapi ini sendirian. Orang-orang terdekat Anda dapat memberi Anda saran yang tepat jika kecemasan pernikahan Anda menimbulkan masalah serius.

5. Keluar dari media sosial

Getaran pernikahan yang glamor pasti cukup terlihat di media sosial melalui postingan dan cerita yang ditampilkan. Namun, jika Anda berubah pikiran, lebih baik logout beberapa saat dan fokus pada diri sendiri saat ini. Tidak hanya akan memberi Anda detoksifikasi yang sangat dibutuhkan dari media sosial tetapi juga akan membersihkan pikiran Anda dari pikiran negatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro