Vaksin virus corona (Covid-19) membutuhkan pengumpulan data sebelum disuntik kepada anak./ilustrasi
Health

Kapan Anak-anak Mendapatkan Vaksin Virus Corona?

Novita Sari Simamora
Sabtu, 27 Februari 2021 - 15:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia sedang menggalakkan program vaksinasi virus corona pada tenaga kesehatan dan lansia. Lalu, bagaimana dengan vaksin Covid-19 untuk anak-anak?

Saat ini, vaksin virus corona hanya ditujukan  kepada kelompok usia di atas 16 tahun. Bila ingin ditujukan kepada anak-anak, masih banyak data yang harus dikumpulkan  sebelum menuju pada kesimpulan.

Hingga saat ini, masih satu vaksin virus corona yang telah menerima persetujuan FDA untuk memberikan suntikan  kepada anak-anak, atau kepada orang dengan berusia kurang dari 16 tahun.

Jill Foster, Direktur Divisi Pediatric Infectious Diseases di U of M, mengatakan bahwa vaksin untuk anak-anak di bawah 16 tahun akan membutuhkan waktu cukup lama untuk mengumpulkan informasi. “Itu memakan waktu cukup lama. Karena kami ingin memastikan bahwa kami melakukannya dengan benar,” ungkapnya seperti dikutip dari Kare11, Sabtu (27/2/2021).

Pada Minggu lalu, Dr. Anthony Fauci memperkirakan bahwa siswa sekolah menengah dapat divaksinasi pada musim gugur dan mereka adalah kelompok yang muda. Namun, hal itu mungkin tidak terjadi hingga awal 2022. Karena kurangnya data, waktu pastinya masih belum pasti.

Namun, Pfizer dan Moderna sedang mempelajari dampak vaksin pada anak-anak berusia 12 tahun ke atas dan mengatakan mereka ingin berbagi beberapa data pada musim semi.

Foster mengatakan jadwal vaksinasi untuk tahun ajaran baru merupakan strategi yang tepat bagi anak sekolah menengah atas.  Dia mengungkapkan  bahwa remaja sangat mungkin untuk mendapatkan vaksin virus corona sama seperti orang dewasa.

Namun, saat berbicara vaksin virus corona, maka hal yang dibicarakan adalah ketersediaan vaksin Covid-19 tersebut. Bisa saja para remaja mendapatkan vaksin tersebut bila kelompok nakes, lansia dan dewasa sudah mendapatkan vaksin.

Foster menuturkan bahwa vaksin biasanya berdampak berbeda pada anak-anak dan orang dewasa, oleh karena itu diperlukan beberapa penyesuaian. “Dokter anak suka mengatakan bahwa anak-anak bukan hanya orang dewasa kecil. Terkadang, mereka akan bereaksi berbeda, ”kata Foster.

“Sistem kekebalan anak-anak berbeda. Waktu mereka terpapar berbagai patogen dan vaksin lain lebih singkat. Ini sedikit rumit," tutupnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

#ovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Terus Bertambah, 482.145 Tenaga Kesehatan Telah Vaksinasi Covid-19", Klik selengkapnya di sini: https://kabar24.bisnis.com/read/20210131/15/1350210/terus-bertambah-482145-tenaga-kesehatan-telah-vaksinasi-covid-19.
Author: Fitri Sartina Dewi
Editor : Fitri Sartina Dewi

Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini:
Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPS
iOS: http://bit.ly/AppsBisniscomIOS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro