Irisan ikan salmon di pasar swalayan/Reuters-Lucy Nicholson
Health

5 Makanan dengan Kandungan Vitamin D Tinggi

Laurensia Felise
Selasa, 2 Maret 2021 - 12:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menurut National Institute of Health, manusia membutuhkan setidaknya dosis vitamin D sebanyak 400-800 international unit (IU) setiap harinya tergantung dari usianya.

Vitamin D penting untuk pembentukan tulang yang kuat serta berbagai manfaat kesehatan yang lain.

Tetapi dengan banyaknya orang yang menghabiskan waktu di dalam ruangan, hal ini membuat beberapa mengalami kekurangan vitamin D dari sinar matahari sehingga mencari solusi lain dengan mengonsumsi makanan mengandung vitamin D.

Berikut lima makanan yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin D yang dilansir dari Insider.

1. Ikan Salmon

Setidaknya 85 gram ikan salmon mengandung vitamin D sebanyak 375 international units (IU). Selain vitamin D, ada pula vitamin B dan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular, kanker, Alzheimer, dan inflamasi secara umum.

Pengolahannya pun dapat dilakukan dengan berbagai cara, tapi disarankan untuk memasak daging fillet dengan cara dipanggang di suhu 176 derajat Celsius selama 45 menit.

2. Ikan Trout

Ikan rainbow trout mentah yang dibudidayakan mengandung 540 IU dalam sajian sekitar 85 gram. Selain mengandung vitamin D, ikan ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral di antaranya niacin, vitamin B12, dan asam lemak omega-3.

Cara memasaknya adalah dengan membakarnya di atas panci bersamaan dengan bawang merah, bawang putih, dan satu sendok minyak zaitun. Dapat dimakan untuk makan siang maupun makan malam, ikan ini dapat dikonsumsi bersamaan dengan sayuran hijau.

3. Suplemen dengan Minyak Liver Ikan Cod

Suplemen ini umumnya dapat ditemukan di berbagai toko dan bisa menjadi alternatif untuk mereka yang tidak suka ikan tetapi ingin mendapatkan nutrisi vitamin D dengan mudah.

Dalam dua kapsul suplemen, terkandung vitamin D sebanyak 400 IU untuk sekali konsumsi. Jumlah ini dapat memenuhi setidaknya 66 persen kebutuhan harian vitamin D per individu.

4. Jamur

Jamur bisa menjadi opsi sumber vitamin D bagi mereka yang menjalankan pola makan vegan dan vegetarian. Dalam satu gelas jamur yang dipotong dadu, ada 786 IU vitamin D di dalamnya. Perlu diingat bahwa jumlah vitamin D di dalam setiap jamur berbeda-beda tergantung dari bagaimana jamur tumbuh dan tingkat frekuensi paparan sinar matahari.

5. Kuning Telur

Dalam satu butir telur besar, terkandung 44 IU vitamin D yang dapat memenuhi sekitar enam persen kebutuhan vitamin D harian per individu.

Jika Anda khawatir dengan dampak kuning telur terhadap kolekstrol, maka Anda tidak perlu khawatir karena kuning telur tidak diketahui tidak dapat meningkatkan kolestrol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro