Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin usai menjalani vaksinasi CoronaVac kedua di Istana Negara, Rabu (27/1/2021). JIB/Bisnis-Nancy Junita
Health

Menkes Sebut Startup Punya Kontribusi Penting dalam Vaksinasi Covid-19

Newswire
Rabu, 3 Maret 2021 - 15:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan perusahaan rintisan berbasis teknologi punya peran penting dalam program vaksinasi Covid-19.

Dilansir dari Antara, Rabu (3/3/2021), Budi menuturkan, inisiatif yang dihadirkan Halodoc dan Gojek memiliki peranan strategis terhadap dalam mencapai target vaksinasi yang jumlahnya mencapai 181,5 juta suntikan dalam setahun. 

Budi mengakui, Kementerian Kesehatan tidak bisa melakukan upaya edukasi hingga vaksinasi tanpa bantuan pihak lain. Untuk itu,  Budi mengapresiasi kesigapan Halodoc dan Gojek dalam mendukung pemerintah sejak awal masa pandemi.

Menurut Budi, kepercayaan masyarakat terhadap  keandalan layanan Halodoc maupun Gojek serta beserta basis pengguna yang besar diharapkan bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program vaksinasi. 

"Drive-thru adalah jenis layanan pesan bawa pulang yang disediakan suatu bisnis dalam melakukan edukasi hingga vaksinasi,” pada acara peresmian Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 melalui "drive thru" Halodoc di Jakarta, Rabu.

Sebagaimana diketahui, Halodoc ditunjuk sebagai mitra resmi Kementerian Kesehatan untuk menghadirkan Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 melalui mekanisme layanan tanpa turun (lantatur) atau drive thru.

Dalam pelaksanaannya Halodoc menggandeng Gojek sebagai mitra transportasi dan komunikasi, Rumah Sakit (RS) Hermina sebagai tim medis di lapangan sekaligus vaksinator, dan Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) sebagai penyedia area untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dibuka hari ini, 3 Maret 2021.

Dalam kesempatan sama, Direktur Keuangan dan Pengembangan Strategi, Medikaloka RS Hermina, Aristo Setiawidjaja menyampaikan kesiapan tenaga vaksinator dan tenaga medis untuk memastikan keamanan peserta baik selama vaksinasi maupun dalam menanggulangi kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI).

"Melihat kontribusi dari berbagai pelaku lintas industri dalam kerjasama ini, kami yakin Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 ini dapat berdampak besar terhadap kesuksesan program vaksin pemerintah," katanya.

#satgasCovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Rivki Maulana
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro