Adanya platform yang mengupayakan tindakan aksi terhadap isu perubahan iklim menunjukkan adanya kesadaran dan dukungan dari kalangan penggemar K-Pop untuk turut serta berpartisipasi dalam aksi lingkungan. /Kpop
Entertainment

Platform Kpop4Planet Ajak Fans Kpop Pahami Isu Perubahan Iklim

Laurensia Felise
Kamis, 4 Maret 2021 - 16:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Platform aksi iklim yang didorong oleh penggemar Kpop4Planet resmi mengudara pada Rabu (3/3/2021) melalui situs resmi dan akun Instagram.

Platform tersebut merupakan tempat bagi para fans K-Pop untuk bergerak dan belajar terkait dengan isu perubahan iklim.

“Perubahan iklim adalah krisis dalam generasi kita. Dengan banyaknya fans K-Pop dari kalangan generasi Z dan milenial, kami akan menjadi pihak yang paling terdampak parah dengan berbagai keputusan yang diambil maupun tidak diambil pada hari ini. Berperang untuk keadilan iklim berarti berperang untuk masa depan kami,” ujar kepala penyelenggara Kpop4Planet, Nurul Sarifah.

Melansir dari The Korea Times, platform tersebut menampilkan berbagai artis yang mengambil tindakan terhadap isu perubahan sebagai inspirasi bagi para pengunjung, salah satunya Blackpink yang baru saja terpilih sebagi advokat resmi Konferensi Para Pihak Perubahan Iklim PBB ke-26 (COP26).

Selain Girl Group itu, ada Red Velvet yang menyerukan kebutuhan akan akses udara bersih saat menjadi duta besar untuk Hari Udara Bersih Internasional PBB. Nama lainnya yang juga disebut di antaranya adalah penyanyi Paul Kim, Eric Nam, Minzy, dan Boygroup VIXX karena kontribusinya dalam meningkatkan kesadaran maupun memberikan donasi akan isu tersebut.

Beberapa penggemar telah mengambil tindakan iklim skala besar atas nama idola mereka, misalnya penggemar asal Indonesia menyerukan tren tagar di Twitter terhadap tindakan pembakaran hutan seluas 57.000 hektar di Papua oleh sebuah perusahaan asal Korea Selatan.

Ada pula tindakan dari beberapa penggemar dari berbagai fandom atau basis penggemar yang membuka donasi untuk membantu restorasi hutan di kota Gangwon, Korea Selatan, membantu korban bencana banjir dan angin topan di Thailand serta India pada 2019, Filipina pada 2020, dan Indonesia pada tahun ini, serta upaya penanaman pohon di beberapa negara.

Selain menjaga lingkungan, tindakan lainnya yang juga diikuti oleh penggemar dalam isu perubahan iklim adalah perlindungan terhadap satwa liar. Alasan inilah juga menjadi jawaban mengapa peluncuran kampanye ini diselenggarakan bersamaan dengan Hari Satwa Liar Sedunia.

Adanya platform yang mengupayakan tindakan aksi terhadap isu perubahan iklim menunjukkan adanya kesadaran dan dukungan dari kalangan penggemar K-Pop untuk turut serta berpartisipasi dalam aksi lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Laurensia Felise
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro