Ilustrasi spotify/
Entertainment

Kakao M dan Spotify Akhirnya Sepakati Perjanjian Lisensi Lagu K-Pop

Laurensia Felise
Jumat, 12 Maret 2021 - 11:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Distributor musik Kakao M dan layanan streaming Spotify mengumumkan keduanya telah menyepakati pembaharuan dari perjanjian lisensi terkait distribusi lagu K-Pop.

“Kedua perusahaan telah menyelesaikan diskusi tentang pembaharuan kontrak lisensi global mereka. Hasilnya, konten milik Kakao Entertainment bisa tersedia di semua platform Spotify di seluruh dunia, termasuk Korea Selatan,” kata Spotify dan Kakao Entertainment (sebelumnya dikenal sebagai Kakao M) dalam rilis resminya sebagaimana dikutip dari Soompi, Jumat (12/03).

Seorang perwakilan dari Spotify menegaskan bahwa musik dari para artis di bawah distributor tersebut akan kembali mengudara bagi sekitar 345 juta pendengar di 170 negara di seluruh dunia. Ia juga menambahkan bahwa Spotify memiliki misi untuk menghubungkan artis dengan para penggemar di seluruh dunia dan menunjukkan berbagai variasi musik bagi para pendengarnya.

Pihaknya juga senang dengan kemampuannya untuk menjangkau pendengar dari Korea Selatan dengan lebih dari 70 juta trek lagu dan lebih dari 4 milyar daftar putar lagu (playlist). Tidak hanya itu, Spotify akan tetap berkomitmen bekerja secara aktif untuk negosiasi bersama para artis, label, dan pemegang hak demi memberikan dampak baik dalam sistem streaming di negara tersebut.

Kemudian perwakilan Kakao Entertainment mengungkapkan pihaknya telah menyetujui keputusan untuk melanjutkan distribusi musiknya dalam layanan skala global, dengan harapan untuk membantu para artis untuk berhubungan dengan pendengar di seluruh dunia dan membuat berbagai peluang bagi masyarakat untuk menikmati K-Pop.

Kakao Entertainment juga berkomitmen dalam melindungi hak para artis, label, dna pemegang hak lainnya serta menjaga pertumbuhan ekosistem kreatif yang stabil bagi industri musik Korea Selatan.

Persetujuan perjanjian ini muncul setelah sebelumnya penggemar K-Pop dan musik Korea Selatan yang dihebohkan dengan hilangnya ratusan lagu K-Pop dan lagu dari aliran lain di Spotify setelah masa berlaku perjanjian lisensi global antara Spotify dan Kakao M habis pada 1 Maret 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro