Ginjal
Health

Penyakit Ginjal dan Covid-19, 2 Hal yang Saling Memberatkan

Luke Andaresta
Sabtu, 13 Maret 2021 - 07:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Penyakit ginjal dan covid bisa saling memberatkan. Semua orang yang memiliki penyakit ginjal kronis disarankan untuk selalu secara ekstra menjaga dirinya menurunkan resiko tertular dan sakit berat.

Edukator sekaligus Praktisi Kesehatan sekaligus dokter spesialis penyakit dalam Adaninggar mengatakan bahwa covid bisa menyebabkan suatu kondisi gagal ginjal akut akibat efek langsung virus, peradangan, pembekuan darah, syok, dan oksigen rendah. Covid bisa memperburuk kondisi gangguan ginjal kronis yang sudah ada.

Gangguan ginjal kronis yang sudah menjalani cuci darah, transplantasi ginjal dengan mengonsumsi obat-obatan penekan sistem imun, lebih rentan terinfeksi dan bergejala berat. Hal ini biasanya disebabkan oleh penyakit-penyakit komorbid lain seperti hipertensi, diabetes, autoimun, dan sebagainya yang juga meningkatkan resiko terjadinya covid berat.

“Risiko terinfeksi covid dan risiko covid berat lebih tinggi terutama pada gangguan ginjal kronis yang sudah menjalani dialisis/transplantasi ginjal, gangguan ginjal kronis yang disertai penyakit komorbid lain, dan lansia”, tulisnya yang dikutip Bisnis pada Jumat (12/3/2021)

Adaninggar juga mengingatkan agar semua orang yang memiliki penyakit ginjal kronis untuk selalu secara ekstra menjaga dirinya menurunkan resiko tertular dan sakit berat yaitu dengan protokol kesehatan secara konsisten dan menjaga imun termasuk vaksinasi.

Protokol kesehatan 5M yang dimaksud adalah memakai masker, jaga jarak, cuci tangan, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Dalam hal menjaga kesehatan imun dirinya menyarankan untuk mengonsumsi yang memiliki kandungan nutrisi seimbang, mengontrol secara teratur penyakit ginjal yang diderita guna tindakan lanjutan dan pengobatan yang diperlukan, berjemur, serta menjalani vaksinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Luke Andaresta
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro