Ilustrasi - Perawat mengenakan pakaian APD (alat pelindung diri) baju hazmat (hazardous material) membawa pasien dalam pengawasan Covid-19 (Corona Virus Desease) menuju kamar isolasi khusus RSUD dr Iskak, Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020). /ANTARA
Health

Ini Tanda Pasien Terinfeksi Corona akan Alami Long Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Senin, 15 Maret 2021 - 16:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian besar gejala virus corona hilang dalam hitungan minggu.

Namun, bagi sebagian orang, pertempuran dengan gejala covid-19 bisa lebih lama dan membawa implikasi bagi kesehatan mereka secara keseluruhan.

Secara medis, inilah yang disebut sebagai long covid, atau sindrom pasca-covid yang menakutkan banyak orang.

Menurut para ahli, hampir 1 dari 4 penyintas covid cenderung harus berjuang melawan daftar panjang gejala yang membingungkan, termasuk sesak napas yang berkepanjangan, kelelahan yang menyiksa, nyeri otot, nyeri, infeksi kronis, insomnia, stres, dan kesehatan yang melemahkan secara umum.

Berentang selama berminggu-minggu, dan seperti yang terlihat dalam beberapa kasus, berbulan-bulan, penyintas long covid dapat menghadapi waktu yang sulit untuk kembali normal dan bahkan mungkin juga memerlukan dukungan dalam fungsi sehari-hari.

Saat ini, tidak ada bukti klinis yang menunjukkan apa yang sebenarnya membuat seseorang rentan mengalami cobaan berat, atau mengapa beberapa orang cenderung pulih dengan mudah, sementara beberapa tidak.

Namun, para ahli kini telah menemukan bahwa ada beberapa faktor risiko yang meningkatkan risiko seseorang menjadi penular COVID jangka panjang.

Long covid didefinisikan sebagai suatu kondisi ketika seseorang menunjukkan gejala COVID selama lebih dari 28 hari berturut-turut.

Menurut penelitian peer-review baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine, presentasi gejala pada minggu pertama permulaan infeksi dapat menjadi penentu penting dalam mengidentifikasi kerentanan seseorang terhadap COVID-19 yang berkepanjangan.

Meskipun telah lama diamati bahwa beberapa gejala memiliki kaitan dengan tingkat keparahan infeksi, identifikasi gejala utama ini juga dapat menjadi kunci untuk menetapkan risiko COVID yang lama bagi orang yang terinfeksi.

Apa saja gejala yang terkait dengan COVID yang berkepanjangan?

Para peneliti yang terlibat dalam penelitian ini mengumpulkan data dari lebih dari 4.000 penyintas COVID yang terinfeksi antara bulan Maret 2020- September 2020 menggunakan aplikasi pemeriksa gejala.

Temuan penelitian mengungkapkan bahwa semua pasien, yang dikatakan menderita sindrom pasca-COVID, menderita lima tanda klasik pada minggu awal diagnosis mereka.

Dari 4.000 lebih peserta, sekitar 13% pasien melaporkan gejala yang berlangsung lebih dari 28 hari, 4% selama lebih dari 8 minggu dan 2% selama lebih dari 12 minggu.

Analisis lebih lanjut juga telah mampu membuktikan bahwa 5 gejala pada minggu pertama infeksi ini paling prediktif terhadap risiko COVID seseorang yang berlangsung lama yaitu, nyeri otot, kelelahan, sakit kepala, suara serak dan kesulitan bernapas.

Anosmia atau gangguan penciuman juga diamati sebagai tanda infeksi awal yang umum terlihat pada mereka yang menderita COVID panjang.

Siapa yang memiliki risiko tertinggi terkena COVID jangka panjang?

Penelitian juga mengamati bahwa risiko mengembangkan gejala yang menetap meningkat secara eksponensial dengan bertambahnya usia.

Orang yang selamat dari COVID, yang berusia lebih tua (di atas 65) memiliki kemungkinan tertinggi untuk mengembangkan COVID jangka panjang.

Studi sebelumnya juga menyoroti bahwa ada juga beberapa faktor risiko lain yang dapat meningkatkan peluang seseorang menderita masalah dan efek samping yang terus berlanjut setelah pertempuran COVID-19, yaitu jenis kelamin dan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya.

Wanita, meskipun menghadapi risiko rendah keparahan COVID dan wajah kematian lebih cenderung menderita COVID-19 lama daripada pria. Resiko serupa terjadi pada mereka yang menderita penyakit penyerta, seperti asma, masalah paru, obesitas, komplikasi jantung.

Namun, dokter semakin memperingatkan bahwa terlepas dari faktor risiko yang disebutkan, COVID jangka panjang dapat menyerang siapa saja, dari usia berapa pun, dan karenanya, orang harus tetap berhati-hati.

Sindrom pasca-COVID dapat menyebabkan banyak gejala yang menetap yang dapat menyebabkan masalah jangka pendek atau jangka panjang. Beberapa bahkan mungkin memerlukan perhatian medis dan perawatan kritis.

Dari apa yang telah dilihat, lama COVID cenderung berdampak pada penyintas COVID dalam dua cara, sesuai penelitian. Sementara satu kelompok melaporkan menderita kelelahan yang mengerikan, sakit kepala, gejala pernafasan, sakit tenggorokan, batuk dan demam yang berkepanjangan, kelompok kedua COVID jarak jauh memiliki gejala yang lebih melemahkan dan menekan, yaitu kekebalan rendah, keluhan multisistem, demam berulang, gejala gastrointestinal.

Mengelola COVID jangka panjang: Apa yang dapat dilakukan pasien?

Gejala, tidak peduli seberapa besar atau kecil dapat mengganggu kehidupan sehari-hari dan mempersulit kesehatan Anda. Meskipun mengelola dan mengobati gejala bergantung pada jenis infeksi yang Anda alami, beberapa gejala memerlukan perhatian akut sejak Hari 1.

Ingat, meskipun viral load mungkin telah hilang, tetapi sangat penting untuk melacak tanda vital Anda saat Anda sedang dalam proses pemulihan. Tanda dan faktor risiko yang terkait dengan COVID yang berkepanjangan juga tidak boleh dianggap enteng.

Dari pemeriksaan tepat waktu, meminum obat-obatan yang disarankan, mempraktikkan tindakan pencegahan dan sangat memperhatikan kesehatan Anda adalah penting.

Penting juga untuk mewaspadai gejala utama atau tak terduga yang dapat menjadi penyebab kekhawatiran selama masa pemulihan Anda.

Masalah kesehatan seperti stroke, gangguan paru dapat muncul entah dari mana, jadi pertimbangkan untuk mencari bantuan atau hubungi dokter jika Anda mengalami salah satu gejala berikut:

Sesak nafas yang ekstrim

- Kekurangan oksigen

-Nyeri dada

-Tekanan yang dibangun di sekitar jantung

Kerugian -Appetite

-Demam selama lebih dari 10 hari

-Kehilangan sensasi di bagian manapun dari tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro