Logo Facebook/Reuters
Fashion

Facebook Tingkatkan Kemampuan Kecerdasan Buatan Berbasis Video

Syaiful Millah
Senin, 15 Maret 2021 - 09:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Facebook mengumumkan kehadiran proyek kecerdasan buatan (artificial inteligence/AI) yang akan membantu pengguna platform media sosial itu melakukan berbagai macam pencarian.

Melansir CNET pada Senin (15/3/2021), Facebook belum lama ini meluncurkan proyek bernama Learning from Videos untuk melatih melatih kecerdasan buatan menggunakan video publik yang diunggah ke media sosial tersebut.

Facebook menyatakan dengan berlatih menggunakan video yang tersedia untuk publik yang berasal dari setiap negara dan ratusan bahasa, pihaknya akan memperbaiki akurasi sistem kecerdasan buatannya. Selain itu, kecerdasan buatan tersebut akan disiapkan untuk beradaptasi terhadap dunia yang bergerak cepat dan mengenali nuansa dan isyarat visual dari berbagai budaya dan wilayah.

"Sistem kecerdasan buatan itu dilatih secara mandiri menggunakan video publik agar bisa mengenali berbagai aspek yang diperlukan," demikian pernyataan Facebook.

Faebook menyebut latihan tersebut akan berdampak pada pencarian yang lebih spesifik di platform mereka, misalnya untuk kata kunci "menyanyikan lagu ulang tahun untuk nenek".

Melalui latihan itu kecerdasan buatan juga bisa mengenali bukan hanya lagu ulang tahun, tapi, juga lilin, kue dan orang yang bernyanyi.

Facebook menyatakan latihan kecerdasan buatan seperti itu sebelumnya membantu mereka memperbaiki pengenalan suara dan computer vision di sistem mereka. Tidak hanya itu, percobaan dengan latihan mandiri itu mampu memperbaiki fitur-fitur seperti caption otomatis dan menandai ujaran kebencian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro