Bayi sedang tidur
Health

Pola Makan dan Tidur Bayi Penting untuk Tumbuh Kembang

Syaiful Millah
Selasa, 16 Maret 2021 - 15:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Membangun rutinitas makan dan tidur si buah hati sejak dini sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Orang tua harus secara sadar dan sengaja membentuk hal tersebut.

Dokter Spesialis Anak Kanya Ayu Paramastri mengatakan bahwa kunci pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal diawali dengan pola tidur dan pola makan yang baik.

Sayangnya, banyak orang tua yang merasa bahwa rutinitas anak seperti makan, tidur, dan buang air adalah hal yang alami, akan tumbuh dengan sendirinya dan nantinya tinggal mengikuti pola dan jadwal yang ada.

"Runitinas bayi seperti eat, sleep, poop itu adalah hal yang harus diajarkan oleh orang tuanya secara sengaja. Perlu dipersiapkan agar si anak bisa makan, tidur, dan main dengan cara yang benar," katanya dalam acara virtual, Selasa (16/3).

Kanya mengatakan pola makan anak harus mulai diajarkan pada usia yang sangat dini, mulai dari 1 bulan. Ketika itu, anak sudah mulai terbentuk pola lapar dan kenyang setiap dua sampai tiga jam.

Dari sini, orang tuanya harus sudah memperkenalkan pola menyusu secara teratur. Selanjutnya ketika bayi berusia 3 sampai 6 bulan, perlu dibentuk penyesuaian jadwal hingga makanan yang dikonsumsi.

Misalnya, pada anak berusia 5 bulan, pola konsumsi susu memiliki interval 2 jam, pada pukul 7 pagi lalu pukul 9 pagi. Tapi pada anak usia 6 bulan bisa disesuaikan pada pukul 7 konsumsi susu dan pada pukul 9 mengonsumsi makanan pagi ringan.

Begitu juga dengan pola tidur yang perlu disesuaikan dengan jam tidur si anak. Upayakan agar anak punya pola yang rutin dilakukan. Melatih anak tidur memang tidak mudah, tapi juga bukan tidak mungkin.

Kanya menuturkan ada konsep yang dikenal sebagai sleep rules yang perlu diperhatikan orang tua. Ini termasuk jam yang konsisten, bayi yang mengantuk, kenyang, bersih dan nyaman.

Selain itu, ada juga aktivitas yang lebih ringan sebelum memasuki jam tidur, suasana rumah yang lebih tenang, dan pisahkan ruang tidur dengan bermain anak.

"Tidur ini sangant krusial bagi anak baik dari segi fisik dan psikis si anak untuk mempersiapkan aktivitasnya seharian. Tidur juga sangat berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan mereka, makanya perlu diperhatikan sekali," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro