cryotherapy
Health

Manfaat Terapi Air Dingin Atau Cryotherapy untuk Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 21 Maret 2021 - 14:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Terapi air dingin atau cryotherapy termasuk perendaman air dingin, pijat es, aplikasi es atau paket gel dingin atau aplikasi lokal dingin untuk tujuan pengobatan.

Ini adalah jenis metode pengobatan yang digunakan untuk mempercepat pemulihan dari kondisi tertentu seperti latihan stres, keseleo otot, peradangan dan nyeri, mengingat belum ada pedoman standar yang ditetapkan. 

Manfaat terapi air dingin berkurang seiring berjalannya waktu, oleh karena itu, terapi ini digunakan sebagai metode pengobatan langsung dalam beberapa kasus seperti pembengkakan dan nyeri sementara pada kasus lain, digunakan sebagai manajemen pasca operasi, terutama dalam kondisi yang berkaitan dengan ortopedi Prosedur.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa dari terapi dingin atau cryotherapy dilansir dari Boldsky:

1. Pemulihan dari latihan intensitas tinggi

Latihan intensitas tinggi dapat menyebabkan metabolik, mekanis atau kedua jenis stres pada tubuh, yang menyebabkan penurunan kinerja otot rangka, peradangan, pembentukan panas dan nyeri.

Terapi air dingin dapat membantu mempercepat pemulihan kondisi dengan meningkatkan aliran darah, mengurangi pembengkakan dan menormalkan suhu, serta perubahan endokrin lainnya.

2. Mengurangi edema

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dibandingkan dengan terapi air panas, terapi air dingin lebih efektif dalam mengobati edema yang berhubungan dengan episiotomi, robekan atau luka bedah yang dilakukan di area vagina saat melahirkan.

Cryotherapy juga dapat membantu mengurangi stres, sensasi gatal, atau nyeri di area tersebut. 

3. Memperbaiki kondisi jantung

Menurut sebuah penelitian, paparan cuaca dingin atau air dingin dapat menurunkan risiko penyakit jantung seperti penyakit arteri koroner, gagal jantung, dan tekanan darah tinggi pada orang dewasa yang sehat.

Terapi tersebut dapat membantu meningkatkan aliran darah koroner secara efektif bila didukung dengan olahraga teratur.

4. Meredakan nyeri

Perendaman dengan air dingin dapat membantu meredakan nyeri dada pada penderita penyakit jantung. Untuk nyeri yang berhubungan dengan cedera atau keseleo, mengoleskan kompres dingin instan di area tersebut dapat membantu meredakan nyeri dengan mengurangi aliran darah di area tersebut. Di sisi lain, terapi dingin meningkatkan produksi beta-endorphin yang mengurangi persepsi nyeri pf.

5. Mengurangi kejang otot

Terapi ini dapat menyebabkan berbagai macam reaksi fisiologis, termasuk pengurangan kejang otot. Pemijatan es atau penggunaan kompres es mengurangi konduksi sensorik atau konduksi saraf motorik dan memblokir reseptor nyeri, sehingga mengurangi kejang otot.

6. Mengurangi keseleo pergelangan kaki

Aplikasi es serut atau gel dingin dapat membantu mengurangi cedera muskuloskeletal akut seperti keseleo pergelangan kaki. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa ketika kompres es dioleskan langsung pada pergelangan kaki yang cedera selama 20-30 menit setidaknya sekali sehari, dapat membantu mengurangi keseleo dan membantu perbaikan sel lebih dini

7. Meningkatkan fungsi pernapasan

Perendaman dalam air dingin meningkatkan fungsi pernapasan, terutama pada penderita asma dan penyakit paru obstruktif kronik serta meningkatkan kualitas hidup mereka. Terapi ini membantu meningkatkan laju metabolisme, konsumsi oksigen, dan fungsi otot pernapasan, sehingga memperbaiki gejala asma.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa berenang di musim dingin dapat membantu meredakan sakit asma pada perenang. 

8. Mengurangi berat badan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa paparan dingin dapat membantu mengaktifkan jaringan adiposa coklat yang merupakan organ termogenik utama untuk dengan cepat meningkatkan produksi panas dalam tubuh. Aktivasi lemak coklat dengan demikian membantu meningkatkan laju metabolisme dan setelah itu menurunkan berat badan. Paparan dingin bisa dilakukan selama 1-8 jam tiga kali seminggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro