Ilustrasi Balita. Inspirasi kamar bayi bisa bervariasi, mulai dari pencarian di media sosial sampai terinspirasi dari dekorasi yang digunakan selebritas. /Antara-Shutterstock
Health

Moms, Jangan Simpan 8 Barang ini di Kamar Bayi

Laurensia Felise
Senin, 22 Maret 2021 - 20:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kegiatan mendekorasi kamar bayi adalah hal yang sangat dinanti-nanti bagi pasangan yang akan merencanakan kehamilan atau bahkan yang sedang menantikan buah hati.

Dekorasi kamar tidak sekadar memikirkan perabotan apa saja, tetapi juga elemen pendukung lain seperti tempat tidur, mainan, bahkan tema dan warna kamar.

Inspirasi kamar bayi bisa bervariasi, mulai dari pencarian di media sosial sampai terinspirasi dari dekorasi yang digunakan selebritas. Akan tetapi, Anda harus memikirkan berbagai hal sebelum memutuskan mendekorasi kamar bayi yang estetik untuk media sosial.

Melansir dari Times of India, berikut 8 barang yang harus dihindari dalam kamar bayi demi keamanan dan keselamatan buah hati Anda.

1. Kanopi Tempat Tidur Bayi

Kanopi dan gorden gantung merupakan salah satu tren dalam dekorasi ruangan. Tetapi, penggunaan keduanya sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan risiko kekurangan nafas dan kekurangan cahaya untuk bayi.

2. Kaca dan Dekorasi Dinding yang Berat

Hiasan dinding seperti kaca, karya seni, dan dekorasi berbahan berat lainnya yang diletakkan di dinding dapat berisiko jatuh bahkan membahayakan anak. Sangat disarankan untuk tidak meletakkan dekorasi yang berat di dinding, terutama yang dekat dengan tempat tidur bayi.

3. Furnitur yang Tidak Aman

Furnitur yang berat dan tidak aman bisa berisiko bagi keamanan anak, begitu pula dengan tempat colokan listrik dan perangkat elektroknik yang mudah dijangkau. Tidak hanya itu, hal-hal yang berkenaan dengan perabot seperti finishing kayu yang buruk juga berisiko bagi keamanan anak.

4. Terlalu Banyak Bantal

Meletakkan terlalu banyak bantal tidak disarankan oleh para ahli karena akan meningkatkan risiko sindrom kematian balita yang tiba-tiba (SIDS). Karena itulah, anak-anak di bawah dua tahun sebaiknya tidur tanpa bantal.

5. Lilin dan Stik Aromaterapi

Meski kehadiran keduanya bisa menghidupkan kamar, tapi dua barang itu dapat mengeluarkan asap yang berbahaya bagi anak dan meningkatkan risiko bahaya bagi anak. Sebagai alternatif, gunakan minyak alami dari tumbuhan atau essential oil untuk menenangkan suasana kamar.

6. Lampu Gantung

Menggunakan lampu gantung seperti bohlam yang menggantung dan lampu berbentuk untaian tali (fairy lights) memberikan kesan yang baik untuk foto. Tetapi, hal ini dapat memicu bahaya bagi anak apalagi jika sampai barang itu masuk ke dalam mulut karena akan menyebabkan si anak tercekik.

7. Barang yang Berantakan

Barang-barang yang bertebaran di berbagai tempat bisa menyebabkan anak tersandung barang yang ia lewati, terutama saat gelap. Hal ini bisa meliputi mainan bahkan kabel listrik.

8. Mainan di Tempat Tidur

Jika Anda ingin memberikan anak Anda mainan atau boneka untuk dibawa tidur, ingat kembali bahwa mainan berisiko membuat anak tercekik sehingga perlu dihindari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Laurensia Felise
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro